Tanaman Dalam Rumah, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

0
T MauTips.com, Jakarta. Tanaman dalam ruangan tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan para penghuninya. Sebagian besar tanaman dalam ruangan ini mampu menyerap polusi udara yang buruk bagi kesehatan.

Agar suasana di rumah semakin nyaman dan penghuni rumah menjadi lebih sehat, cobalah meletakkan salah satu tanaman dalam ruangan ini mulai dari sekarang. Tanaman menghasilkan oksigen di siang hari, yang jadi ‘nyawa’ bagi makhluk hidup di Bumi. Karena itu makin banyak kita menanam jenis tumbuhan di sekitar lingkungan maka akan makin baik. Tak terkecuali bagian dalam rumah, Anda bisa juga meletakkan pot atau vas berisi beberapa batang tumbuhan. Meletakkan tumbuhan di dalam rumah akan memberi beberapa manfaat positif untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Apalagi jika ditata dengan baik, serta dirawat sehingga berkembang indah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menaruh tanaman di dalam rumah.

Menyerap karbondioksida
Pada waktu siang hari, tanaman akan menyerap zat CO2 atau karbondioksida yang kita keluarkan saat menghembuskan napas. Setelah itu tanaman akan mengeluarkan oksigen sebagai gantinya. Dengan aktifitas tersebut maka oksigen segar akan selalu tersedia dalam rumah.

Tanaman juga menjaga kelembaban udara, dan mendinginkan suasana. Namun perhatikan untuk tidak meletakkan tanaman di kamar tidur saat malam hari, karena saat malam mereka mengeluarkan karbondioksida.

Kurangi debu
Tanaman bisa mengurangi polusi udara di rumah, mengurangi debu sebanyak 20 persen, dan menurunkan stres. Ini akan membantu menyehatkan Anda yang banyak beraktifitas di rumah.

Rumah lebih indah
Rumah akan terlihat lebih asri, indah dan nyaman dengan adanya tanaman di beberapa sudutnya. Efek visual yang diberikan ini membuat Anda betah dalam rumah, menyehatkan mata dan pikiran pula.

Baca Juga: Benarkah Kelamaan Duduk Sama Bahayanya Dengan Merokok?

Beberapa jenis tanaman juga memberi efek mengusir nyamuk dengan aromanya, semisal bunga lavender. Ini adalah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, demi kesehatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply