Ternyata Nonton Pertunjukan Musik Reguler Bisa Perpanjang Usia

0
T MauTips.com, Jakarta. Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia. Karena musik memiliki jiwa, hati, pikiran, dan kerangka sebagai penyangga tubuh layaknya seorang manusia, pertunjukan musik sebagai salah satu budaya dari manusia yang lahir dari perasaan dan hasil ungkapan yang berbentuk ucapan.

Musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik. Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira. Hasil studi terbaru menyatakan bahwa menonton pertunjukan musik secara reguler bisa memperpanjang usia dan meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Kajian yang diselenggarakan oleh O2 dan dosen Goldsmith’s University yang mengambil spesialisasi di ilmu tingkah laku manusia, Patrick Fagan, telah mendapat temuan yang cukup mengejutkan. Menurut studi tersebut, merasakan satu pertunjukan musik selama 20 menit dapat meningkatkan kesejahteraan 21 persen.

Riset lebih jauh mendapati sebuah hubungan langsung antara level tinggi kesejahteraan [dan]perpanjangan usia sembilan tahun. Oleh karenanya, studi tersebut menyatakan bahwa menikmatu musik secara langsung dapat membantu seseorang hidup lebih lama. Alat tes psikometrik dan detak jantung yang dirancang tersendiri diberikan kepada sejumlah partisipan studi tersebut.

Hasilnya, partisipan yang menghadiri sebuah pertunjukan musik itu mengalami peningkatan rasa menghargai diri sendiri (25 persen), kedekatan dengan orang lain (25 persen), dan stimulasi mental (75 persen). Studi tersebut juga menemukan bahwa orang-orang yang menghadiri pertunjukan musik dua pekan sekali paling mungkin bisa mendapatkan kebahagiaan, kepuasan, produktivitas, dan rasa percaya diri di level tertinggi.

Baca Juga: Cara Mudah dan Aman Pilih Sarden Kaleng Layak Konsumsi

Saat mengungkap hasil studinya, Fagan memuji dampak mendalam dari pertunjukan musik yang bisa dirasakan oleh manusia. Riset menunjukkan dampak mendalam yang diberikan pertunjukan musik pada kesehatan, kebahagiaan dan kesejahteraan dengan [intensitas]kehadiran dua pekan sekali atau reguler sebagai kuncinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply