Tips Agar Keluarga Tak Gampang Sakit di Musim Hujan

0
T MauTips.com, Jakarta. Ketika musim hujan datang, tak jarang flu menyerang. Flu tentunya membuat seseorang sulit bernapas atau hidung mampet sehingga aktivitas sehari-hari terganggu. Hidung mampet biasanya disebabkan rongga pada tulang di sekitar hidung (sinus) menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung.

Sehingga menyebabkan penumpukan lendir rongga sinus. Jika tidak diatasi dengan tepat, hal ini bisa menyebabkan penyempitan sinus. Saat musim hujan plus imunitas tubuh sedang nggak baik, bukan nggak mungkin kita gampang sakit. Padahal, kita tahu penangkal utama agar nggak gampang sakit termasuk saat musim hujan yakni daya tahan tubuh yang kuat. Saat tubuh mudah terserang virus, penyakit-penyakit ini sering kita jumpai seperti flu, demam dan demam berdarah.

Nah, ada beberapa tips untuk keluarga agar nggak gampang sakit di musim hujan seperti sekarang ini.

Jangan lupa mencuci tangan
Mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari sakit apalagi mencuci tangan juga bisa jadi bentuk proteksi diri dari virus. Jangan lupa cuci tangannya pakai sabun dan air bersih mengalir.

Tidak makan sembarangan
Saat musim hujan sebisa mungkin nggak membeli makanan sembarangan yang belum jelas kebersihannya. Akan lebih baik bila membawa bekal makanan sendiri ditambah buah untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga nggak mudah sakit saat musim hujan.

Minum teh herbal hangat
Di musim hujan dengan hawa yang dingin di usahakan minum air yang hangat. Minum teh hangat juga bisa jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh. Misalnya kita buat teh dengan campuran jahe, cengkeh dan mint. Terlebih, teh herbal juga dapat membantu mengatasi batuk, pilek dan sakit tenggorokan selama musim hujan.

Mengonsumsi vitamin C
Mengonsumsi vitamin C berguna untuk menghindari berbagai penyakit. Vitamin C juga membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Vitamin C selain banyak terkandung di jeruk juga terdapat di paprika merah, hijau, pepaya dan nanas.

Baca Juga: Tips Tonton Konser di Ruang Terbuka

Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan saat musim hujan adalah hal yang penting karena bakteri dapat menyebar lebih cepat pada saat musim hujan. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar rumah dan pastikan tangan bersih dengan mencucinya secara teratur atau gunakan pembersih tangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply