Tips Batasi Anak Pakai Gadget Dengan Sistem Jualan, Tak Selalu Berdampak Buruk

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini gadget sudah menjadi sesuatu yang familiar buat anak. Saat anak pakai gadget, aturan pun perlu diterapkan sehingga nggak melulu gadget berdampak negatif untuk anak. Ini tergantung menjaga balance-nya. Memberikan aturan pada anak untuk stimulasinya juga perlu termasuk pemberian gadget ke anak.

Sisi positif dikenalkan gadget memang anak-anak sekarang lebih ekspresif dan lebih berani mengutarakan perasaannya ke orang tua.. Di sisi lain, ada dampak negatifnya kalau kita terlalu membebaskan anak dengan teknologi. Jadi, anak pakai gadgetnya berlebihan. Anak bisa lebih mengutamakan ‘unstructure’ aktivitas sehingga sulit dengan aturan begitu masuk ke lingkungan yang terstruktur. Namun kadang sulit bicara dengan millenial parents karena orang tua zaman sekarang jadi seolah-olah mendewakan gadget.

Mereka lupa bahwa ada media lain yang bisa bermanfaat lebih banyak. Membatasi anak main gadget bisa jadi PR buat orang tua. Tapi, ada satu trik yang dilakukan membatasi pemakaian gadget si kecil yang berumur 6 dan 8 tahun. Sebaiknya menerapkan sistem jualan pada anaknya yang ingin main gadget. Jadi, anak-anak boleh main gadget kalau sudah mengerjakan pekerjaan rumah.

Tiap pekerjaan rumah yang dilakukan setara dengan poin. Satu poin untuk main gadget 15 menit, dua poin untuk durasi 30 menit dan tiga poin untuk durasi main gadget 45 menit. Koin bisa didapat dengan memberi makan dan minum anjing, menyiapkan makan malam dan mencuci pakaian kotor mereka.

Awalnya agak susah bikin kesepakatan dengan ibunya. Tapi lama-lama dia paham kalau ingin mendapatkan sesuatu harus melalui usaha. Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), nggak ada waktu memakai gadget bagi anak usia 0-2.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Otak Jadi Tak Sehat

Tapi jika ingin memberi media interaktif untuk anak melalui gadget termasuk layar elektronik, cukup 30-60 menit per hari. Media interaktif itu termasuk tontonan misalkan ada kartun ajak anak main jadi ada interaksinya. Sementara, penggunaan gadget untuk anak di atas usia 2 tahun durasinya 1 sampai 2 jam sehari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply