Tips Bikin Mainan Slime Sederhana Tanpa Bahan Kimia

0
T MauTips.com, Jakarta. Slimers, itulah sebutan bagi para penggemar slime yang videonya bertebaran di YouTube. Mainan dengan tekstur elastis yang berwarna-warni itu bisa membuat hati penyukanya senang, hanya dengan dipegang dan ditarik ulur. Cairan ini tidak seperti air. Mainan slime beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren dan disukai oleh tidak saja anak-anak namun juga kalangan dewasa.

Benda yang kenyal serta bertekstur mirip lem ini disebut-sebut dapat membantu mengurangi kebosanan, emosi, dan stres jika diremas-remas oleh orang yang memainkannya. Slime terbuat dari bahan polimer cair, yang diberi larutan polivinil alkohol serta ion borax. Bagi yang kulitnya termasuk jenis sensitif, memainkan slime dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal akibat bahan kimia yang dikandungnya.

Namun juga bisa membuat sendiri slime sederhana tanpa memakai bahan kimia, lem ataupun borax. Borax memang dapat membantu mengenyalkan slime, namun juga memicu iritasi kulit.

Berikut ini bahan dan cara membuat slime sederhana.

Bahan:
Air 400 ml
Tepung kanji 2 gelas
Minyak goreng 150 gr
Pewarna makanan, sesuai keinginan Anda
Glitter, jika menginginkan adanya kilap-kilap di slime

Cara membuat:
Dalam wadah bersih serupa mangkuk besar, masukkan tepung kanji. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit, sembari diaduk dengan sendok kayu atau sendok plastik. Aduk hingga rata dan tidak bergumpal.

Baca Juga: Terungkap 10 Profesi Terbaik di Masa Depan

Masukkan pewarna makanan, aduk kembali. Jika ada glitter, masukkan sekalian. Tuang minyak goreng sedikit demi sedikit, sampai menjadi kenyal. Aduk terus sampai tidak dapat lagi diaduk dengan sendok, dapat diaduk dengan tangan.

Slime sudah jadi, dan siap digunakan untuk bermain atau menghilangkan kebosanan. Selamat mencoba. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply