Tips Cara Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

0
Kebanyakan kita sering menyepelekan kebersihan bagian tubuh yang satu ini. Telinga memang sering terlewatkan dari fokus kita dalam perawatan. Kebersihan telinga memang sangat penting, selain mempercantik penampilan, daya pendengaran akan tetap terjaga. Bagi yang terbiasa membersihkan telinga menggunakan cotton bud, alat ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian dalam.

Gunakan cotton bud hanya untuk membersihkan daun telinga dan lubang telinga bagian luar. Gatal di telinga membuat kita ingin sekali membersihkannya, baik ada kotoran di telinga atau tidak. Namun jika terlalu sering membersihkan telinga juga tidak baik untuk kesehatan anda.

Hindari membersihkan telinga sampai ke liang telinga, apalagi jika membersihkan dengan cotton bud. Cukup bersihkan hingga sebatas daun telinga saja. Jika membersihkan terlalu dalam hingga ke liang telinga, kotoran justru akan terdorong semakin dalam, kemudian menumpuk. Bila telinga terasa gatal, beri cairan khusus pembersih telinga di apotek. Cairan tersebut akan mengeras dan akan keluar dengan sendirinya.

Bisa juga menggunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air hangat, peras, lalu untir membentuk kerucut dan bersihkan bagian telinga yang terasa gatal. Jika terdapat kotoran yang telah membatu di telinga bagian dalam, bersihkan dengan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail. Jangan gunakan alat yang terbuat dari logam. Hindari membersihkan telinga terlalu sering.

Tips Cara Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Sebab, jika telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, yang terletak di sepertiga bagian luar telinga yang berbulu, malah akan mengeluarkan minyak berlebihan. Kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk memecahkan kotoran tersebut.

Tips Cara Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

image source: http://www.youtube.com

Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Liang telinga terdiri atas lapisan kulit yang mengandung kelenjar. Lapisan terluarnya akan selalu mengalami pengelupasan secara alami. Saluran telinga dikenal sangat rapuh dan lembut, sehingga mengorek telinga dapat dengan mudah melukainya. Telinga sebagai salah satu panca indera mempunyai fungsi penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Telinga yang tidak sempurna akan menghalangi manusia untuk beraktifitas dengan normal. Karenanya dalam merawat telinga haruslah hati hati. Harus diingat bahwa menggunakan metode yang salah dalam membersihkan telinga akan menimbulkan dampak lebih besar, misalnya saja tuna rungu karena gendang telinga pecah.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply