Tips Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dini

0
Orangtua bisa memengaruhi kecerdasan seorang anak melalui sumbangan genetiknya. Untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan, apakah kecerdasan seorang anak dipengaruhi faktor keturunan. Diketahui bahwa sosialisasi pola asuh tidak diketahui memiliki pengaruh pada kecerdasan anak di kemudian hari.

Beberapa studi sebelumnya menyebutkan bahwa pola asuh tertentu, seperti komunikasi aktif saat makan malam atau membacakan cerita, bisa meningkatkan kecerdasan anak. Sementara studi lain menyimpulkan bahwa tingkat IQ anak merupakan produk genetik orangtuanya.

Dalam studi sebelumnya disebutkan pola asuh punya pengaruh pada kecerdasan anak, tapi kenyataannya adalah orangtua yang cerdas akan melakukan banyak hal untuk anak mereka sehingga transfer kecerdasan kepada anak-anaknya lebih baik.

Hasil studi ini bukannya menanggap interaksi orangtua dengan anak tidak penting, tetapi orangtua seharusnya tidak melakukan hal ekstrem untuk memengaruhi IQ keturunannya. Kecerdasan seorang anak memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, faktor lingkungan dan pola asuh juga berperan besar. Karena itu sebenarnya kita bisa mempersiapkan tingkat kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

Tips Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dini

Asupan nutrisi ibu hamil sebaiknya perlu dicermati, bahkan sejak mempersiapkan kehamilan. Karena perkembangan otak terjadi justru di awal kehamilan. Pada empat minggu pertama kehamilan, terjadi perkembangan tabung serabut saraf. Karena itu penuhi kebutuhan akan asam folat dan protein sejak awal. Saat lahir perkembangan otak sudah mencapai 50 persen dari potensi maksimalnya. Kalau sejak awal asupan nutrisinya tidak cukup maka mungkin saat lahir perkembangan otaknya hanya 30 persen sehingga ada penurunan kapasitas otak. Walau potensi genetik kecerdasan anak rendah, namun jika dipersiapkan sejak awal hasilnya akan lebih baik. Ada tiga faktor yang berpengaruh, genetik, nutrisi dan stimulasi atau lingkungan. Meski orangtuanya mungkin tidak terlalu cerdas, tapi jika dua faktor lain diperhatikan anak akan lebih cerdas.

Tips Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dini

Pertumbuhan optimal otak terjadi sejak awal kehamilan sampai anak berusia dua tahun. Untuk memperoleh kapasitas otak yang optimal, nutrisi harus dipenuhi yakni yang mengandung semua zat gizi untuk anak tumbuh dan berkembang optimal. Selain itu, orangtua juga harus terus menstimulasi kecerdasan anak. Berikan kasih sayang pada anak sehingga terjadi bonding. Ini juga penting untuk kecerdasan emosional anak sehingga ia tidak mudah rewel.

Baca Juga: Beberapa Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mudah

Untuk menggali potensi dalam diri anak, tingkatkan rasa ingin tahu anak dengan mengeksplorasi lingkungan. Membacakan buku atau mengajak anak berdikusi dapat melatih anak untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai apa yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply