Tips Menghabiskan ‘Me Time’ Yang Bahagia

0
T MauTips.com, Jakarta. Bukan berarti ketika Anda menghabiskan waktu sendiri, Anda sedang tidak punya teman. Manusia bukan hanya makhluk sosial yang butuh teman atau orang lain dalam hidup mereka, manusia juga merupakan makhluk yang butuh waktu sendiri untuk dirinya.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang suka menghabiskan waktu sendirian, atau tidak terlalu suka keramaian, maka mungkin Anda sudah menemukan kebahagiaan kecil saat Anda sendirian dan menghabiskan waktu ‘me time’. Namun meski Anda merupakan orang yang biasa hidup dalam lingkungan yang ramai dan dikelilingi banyak orang, Anda mungkin juga pernah mengalami jenuh dan ingin sendiri.

Nah, di sinilah Anda membutuhkan ‘me time’, atau waktu untuk diri Anda sendiri.

Terlalu lama sendiri memang memicu depresi, namun terlalu sibuk dengan pekerjaan dan terlalu sering berinteraksi dengan banyak orang juga bisa memicu stress. Tidak perlu pergi ke suatu tempat luas dan sepi, Anda bisa menghabiskan waktu sendiri saja di rumah.

Jika bingung mau melakukan apa, tips mudah ini juga bisa Anda terapkan, antara lain adalah.

Mulai hal kecil
Anda bisa melakukan hal kecil sendiri, seperti makan sendiri, memberikan tantangan menghabiskan waktu tanpa gadget Anda selama sehari dan bersepeda santai berkeliling komplek atau mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Anda juga bisa mencoba memperhatikan keadaan di sekitar rumah Anda. Menikmati sinar matahari pagi dengan hembusan angin semilir pelan.

Melatih kepekaan
Melatih kepekaan dalam hal ini adalah dengan memberikan perhatian pada apa yang terjadi di sekitar Anda. Anda bisa memulainya dengan hal kecil, misalnya memperhatikan jalan saat bus yang Anda tumpangi sedang melaju, atau duduk di bangku taman dan memperhatikan anak-anak bermain.

Bernafaslah lebih dalam dan sering
Ketika Anda merasa penat, Anda pasti juga merasa sesak dan ingin pergi dari situasi yang membuat Anda lelah. Jika memang seperti itu, pergilah ke tempat yang agak sepi dan bernafaslah yang panjang dan dalam. Anda bisa melakukannya saat pagi hari tepat saat Anda baru bangun tidur.

Keluarlah ke halaman dan hiruplah udara pagi yang segar dna hembuskan perlahan. Hal ini sekaligus juga membuat tubuh memiliki energi positif dan tubuh lebih siap menerima tantangan.

Baca Juga: Tips Agar Tak Stres, Coba Lakukan 2 Hal Ini Dalam Hidupmu

Jadilah kreatif
Jika Anda bingung mau melakukan apa saat sendiri, coba ingat-ingat kembali apa yang membuat Anda merasa bahagia. Entah itu dengan menulis, berenang, bernyanyi, menggambar, melukis, berkebun, atau menari. Anda juga bisa membuka kembali album foto lama Anda dan mengingat masa lalu Anda yang menyenangkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply