Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

0
T MauTips.com, Jakarta. Sebenarnya setiap wanita pasti akan merasakan sakit saat persalinan tiba. Ibu yang akan melahirkan kerap merasakan sakit saat melahirkan. Hal ini tak jarang membuat sebagian wanita stres saat menghadapinya. Semua wanita memang akan merasakan nyeri pada saat melahirkan. Walaupun derajat nyeri tersebut dirasakan berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya.

Berikut cara untuk meredakan sakit saat melahirkan.

Latihan Kardio
Latihan Kardio, seperti berlari, berjalan kaki, atau bersepeda dapat membantu mempertahankan detak jantung agar tetap sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan melepaskan hormon endorfin. Jika kita rutin berolahraga, dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Aromaterapi
Bahan aktif dalam beberapa minyak esensial yang berasal dari tanaman dapat memengaruhi suasana hati. Bahan ini terbukti dapat menjadikan hati senang dan mengurangi tingkat stres. Minyak atsiri, salah satu aromaterapi ini penggunaannya dapat dibaluri lalu pijat tubuh, atau dihirup.

Akupunktur
Praktik akupunktur yang berasal dari China ini adalah salah satu solusi utama untuk sakit akut dan mual di seluruh dunia. Beberapa uji medis telah menyimpulkan bahwa akupunktur merupakan pengobatan non-farmakologis yang efektif untuk nyeri persalinan.

Berhubungan Intim
Mungkin Bunda agak sedikit canggung untuk melakukan hubungan seks saat hamil terutama mendekati hari persalinan. Tapi ini salah satu cara paling efektif untuk memicu bahan kimia pereda nyeri alami tubuh kita bereaksi.

Disarankan untuk orgasme lebih intens.
Orgasme menyebabkan rahim berkontraksi yang juga terjadi selama persalinan. Jadi rutin orgasme selama kehamilan dapat membantu tubuh mengasosiasikan sensasi ini dengan kesenangan, bukan rasa sakit.

Hipnoterapi
Hipnoterapi atau hipnosis biasanya digunakan untuk mengobati kecanduan, depresi, dan gangguan kecemasan. Tetapi ternyata, hipnoterapi juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada wanita saat proses melahirkan.

Baca Juga: Kenali Kelebihan Minum Air Hangat Tiap Hari

Terapi Air
Terapi air juga salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit saat tahap pertama persalinan. Dengan berendam di bak ketika kontraksi dini, akan mengurangi intensitas rasa sakit. Air dipercaya sebagai anestesi yang baik untuk persalinan dan memungkinkan tubuh merasa ringan saat berendam. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply