Tips Menyusui Bayi Prematur agar Tumbuh Optimal

0
T MauTips.com, Jakarta. Memberi ASI eksklusif diyakini menjadi salah satu cara untuk menambah bobot bayi. Asupan dari ASI juga akan membuat fungsi organ-organ tubuhnya berkembang dengan baik. Kelahiran prematur atau belum cukup bulan membuat berat badan bayi cukup mungil.

Butuh usaha ekstra untuk mendorong bobotnya bertambah. Seperti diketahui, hati dari bayi prematur biasanya akan lebih kecil, dinding yang lebih tebal, dan fungsi masih kurang maksimal. Sehingga, bayi masih membutuhkan perawatan ekstra untuk membuat keadaannya berangsur normal. Bayi juga membutuhkan asupan ASI berkualitas agar fisiknya tumbuh sesuai dengan growth chart. ASI berperan penting dalam meningkatkan tumbuh kembang bayi prematur. Bayi prematur yang diberi ASI memiliki ventrikel atau ruang besar di jantung hampir 10 persen lebih besar daripada bayi yang diberi susu botol. Selain itu, hati bayi prematur yang disusui ASI juga berdetak lebih kencang.

Bayi yang terlahir prematur tentu akan berpengaruh pada perkembangan mereka. Menyusui dapat menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan perkembangan jantung, katanya. Mengingat bayi prematur membutuhkan banyak asupan ASI, tentu saja Bunda perlu berupaya keras menghasilkan ASI yang melimpah dan berkualitas.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pasokan ASI diantaranya dengan memompa ASI lebih awal. Jadi, Bunda bisa memompa ASI sesegera mungkin untuk meningkatkan suplai ASI secara maksimal. Idealnya, waktu pemompaan pertama dapat dilakukan setelah 6 jam kelahiran.

Jangan lupa juga untuk lebih sering memompa ASI. Pasalnya, bayi yang baru lahir sehat akan sering menyusu. Untuk itu, rencanakan jadwal memompa ASI sekitar 8 kali per hari. Lakukan sesi memompa ASI setiap 2-3 jam di siang hari, dan setiap 3-4 jam di malam hari. Tak lupa, habiskan waktu bersama bayi.

Baca Juga: Cara Mudah Ganti Kartu SIM Lama ke 4G Telkomsel

Dengan waktu kebersamaan yang lebih sering tentunya menjadi energi positif bagi Bunda dalam memaksimalkan pasokan ASI. Bonding yang kuat antara Bunda dan bayi, akan menjadi stimulasi positif untuk menyukseskan waktu menyusui secara maksimal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply