Tips Merawat Tanaman Hias Kaktus Agar Tidak Cepat Mati

0
T MauTips.com, Jakarta. Kaktus dikenal sebagai tanaman hias yang minim perawatan. Perawatan yang tidak tepat biasanya akan menghambat pertumbuhan kaktus, akar cepat membusuk, atau bahkan mati kekeringan. Meski demikian, kaktus tetap makhluk hidup yang membutuhkan perhatian khusus agar tumbuh dengan baik dan berumur panjang. Pemilik kaktus harus mengetahui dasar-dasar cara merawat tanaman hias kaktus, terlebih jika ingin memeliharanya di dalam ruangan. Ini karena tanaman yang ditempatkan dalam ruangan akan membutuhkan perawatan ekstra ketimbang tanaman biasa yang tumbuh di kebun atau luar rumah. Cara merawat tanaman hias kaktus agar tidak cepat mati dan membusuk. .

Berikut cara merawat tanaman hias kaktus. 

1. Air
Penyebab utama tanaman kaktus hias mati adalah terlalu banyak atau sering menyiram. Namun, bukan berarti kaktus tak butuh air sama sekali. Penyiraman adalah aspek penting perawatan kaktus. Terlalu banyak air akan menghambat pertumbuhan, tetapi kurang air juga bisa menyebabkan layu.

2. Sinar matahari
Sinar matahari adalah kebutuhan utama bagi kaktus sebab habitat alami tanaman ini yang berada di tempat panas dan kering. Namun, cahaya matahari yang berlebihan juga tak baik karena dapat menyebabkan kaktus hijau menjadi menguning atau kering di bagian ujungnya.

3. Suhu dan kelembapan
Cara merawat tanaman hias kaktus selanjutnya adalah memperhatikan suhu dan kelembapan udaranya. Mayoritas varietas tanaman kaktus membutuhkan cuaca hangat untuk bertahan hidup. Suhu ideal bagi kaktus adalah antara 18 sampai dan 32 derajat Celcius.

4. Tanah
Tanaman kaktus pada umumnya akan tumbuh dengan baik di jenis tanah berpasir dengan campuran kerikil. Jenis tanah tersebut memiliki kemampuan drainase yang baik dan tidak mudah menggumpal.

Baca Juga: Kenali Tanda dan Gejala Katarak Yang Mesti Diwaspadai

5. Pupuk
Meski kaktus membutuhkan air yang lebih sedikit dibanding tanaman hias lainnya, kaktus tetap perlu makan. Pemberian pupuk dapat meningkatkan kesuburan pada tanaman hias kaktus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply