Tips Mudah Tingkatkan Produksi ASI

0
T MauTips.com, Jakarta. Tidak semua ibu setelah melahirkan, memproduksi asi yang cukup untuk bayinya. Ketika seorang ibu yang baru saja melahirkan ternyata tidak memproduksi cukup ASI, tentu saja ibu akan khawatir apakah bayi mendapatkan cukup ASI atau tidak.

Ibu yang ternyata memproduksi ASI tidak dalam jumlah besar kemudian beralih pada susu formula. Padahal makanan utama bayi baru lahir adalah ASI. ASI harus diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama agar manfaat ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan rutin memberikan ASI pada enam bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena ASI juga berperan membantu meningkatkan daya tubuh karena mengandung zat antibodi. Bagi ibu menyusui, produksi ASI bisa jadi hal yang bikin galau. Kalau produksi ASI menurun atau bahkan nggak cukup, Bunda pun jadi was-was. Untuk meningkatkan produksi ASI, berbagai hal umumnya dicoba para bunda. Misalnya, berusaha merelakskan diri, mengelola stres, sampai menggunakan bahan alami yang dipercaya bisa jadi ASI booster.

Contohnya daun katuk. seperti kita tahu, daun katuk umum jadi tumbuhan yang dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Dalam keseharian aja, cukup sering para ibu yang baru melahirkan disarankan konsumsi daun katuk, misalnya dijadikan sayur.

Memijat payudara, melakukan pemijatan yang benar pada payudara akan membuat produksi ASI meningkat. Pemijatan dilakukan dari bagian pangkal payudara, tekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah. Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk.

Lakukan hanya dari pangkal menuju puting. Bukan sebaliknya. Memompa ASI, cara memperbanyak produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.

Pompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui. Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit. Perlu diketahui bahwa produksi ASI meningkat ketika pada pukul 2-5 pagi. Jika memungkinkan, pompa ASI dalam jam tersebut.

Baca Juga: Hal Ini Sering Diabaikan Calon Ibu Saat Program Hamil

Jangan berhenti menyusui, meskipun merasa bahwa produksi ASI Anda sedikit, jangan berhenti menyusui sekalipun. Dengan terus rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply