Tips Pakar Agar Pernikahan Langgeng dan Bahagia

0
T MauTips.com, Jakarta. Dalam rumah tangga siapa yang tak ingin punya pernikahan yang langgeng dan awet. Nggak cuma bertahan lama, tapi gimana caranya kita, pasangan dan anak-anak bisa bahagia saat bertahan dalam rumah tangga yang sudah berjalan lama.

Berikut beberapa tips ang bisa diterapkan untuk mendapatkan pernikahan yang sehat dan bahagia.

Mindset Pernikahan
Semua berawal dari pola pikir atau mindset. Hal pertama yang harus kita ubah untuk mendapat pernikahan yang sehat dan bahagia adalah mindset. Dari mindset akan menentukan tercapai atau tidaknya keinginan dan mengarahkan hidup kita. Bukan bakat, kecerdasan, atau usaha yang menuntun kita menuju kesuksesan.

Best Friend Forever (BFF)
Dalam suatu pernikahan, mengembangkan persahabatan dengan pasangan hidup bisa menjadi dasar pernikahan yang hebat. Namun, kadang hal ini nggak mudah. Nggak hanya wanita tapi sebagian pria juga enggan menjadikan pasangannya sebagai sahabat, seakan-akan persahabatan dan keromantisan itu tak dapat disatukan.

Menikmati Keromantisan dan Seks dalam Pernikahan
Soal keromantisan sama dengan bicara unsur gairah dalam cinta. Kata Deny, gairah seringkali menyala-nyala saat masih pacaran dan di awal pernikahan tapi setelah 2 sampai 4 tahun menikah passionate love akan padam. Nah, sebagian pasangan mengalihkan cintanya menjadi friendship love. Friendship layaknya friendzone hanya saja individu sudah terikat pernikahan dan menerima bahwa ‘life goes on’.

Komunikasi
Suatu komunikasi dikatakan baik jika salah seorang berbicara sedangkan yang lain mendengarkan dan kemudian merespons bahwa dia mengerti. Nah, respons tersebut bisa dengan anggukan, gumaman, atau menanyakan hal yang tidak dimengerti begitu juga sebailknya.

Bertengkar dengan ‘Cinta’
Saat menikah banyak banget hal dalam rumah tangga yang bisa menyulut pertengkaran dari mulai hal kecil seperti keran rusak, cara menaruh barang, menutup kloset, anak sekolah, destinasi liburan, kehadiran mertua, sampai penggunaan uang.

Komitmen
Masih ingatkah janji masing-masing ketika menikah? Sebagian dari kita mengucapkannya dengan penuh kesungguhan. Sayangnya tidak selalu ucapan tersebut dijalankan. Nggak jarang kata-kata itu hanya dianggap slogan dan formalitas kosong yang dapat dilanggar begitu saja saat kita merasa tidak lagi berkenan dengan pasangan.

Baca Juga: Kenali Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Kata-kata komitmen pada janji pernikahan merupakan deklarasi yang disaksikan oleh banyak orang seperti menyatakan pada publik bahwa kita memutuskan untuk selalu bersama dengan pasangan apapun keadaannya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply