Tips Perbanyak Produksi Hormon Dopamin yang Bikin Bahagia

0
T MauTips.com, Jakarta. Jika kadar hormon dopamin diproduksi dalam jumlah besar, maka efek yang Anda rasakan adalah munculnya rasa senang dan bahagia sehingga memotivasi untuk melakukan suatu hal berulang kali. Hormon dopamin dikenal sebagai hormon bahagia.

Dalam penjelasan medisnya, dopamin adalah zat kimia yang membawa pesan penting di otak untuk fungsi memori, mengatur gerak tubuh, dan banyak hal lainnya. Produksi hormon ini diatur dalam sistem syaraf, dan bisa juga distimulasi oleh faktor dari luar tubuh.

Berikut beberapa cara lain memperbanyak produksi hormon dopamin.

Makan sumber protein
Produksi dopamin memerlukan banyak asam amino tirosin dan fenilalanin. Dua zat itu berasal dari makanan seperti ayam, daging sapi, telur, susu, kedelai dan kacang-kacangan yang kaya protein. Studi mengungkap bahwa kadar dopamin meningkat jika asupan asam amino meningkat.

Kurangi lemak jenuh
Dalam sebuah penelitian, diungkap bahwa konsumsi makanan tinggi lemak jenuh akan mengurangi sinyal dopamin di otak. Demikian pula makanan berkolesterol tinggi yang akan menurunkan level dopamin otak.

Olahraga
Berolahraga akan meningkatkan suasana hati dan ternyata juga kadar hormon dopamin. Kondisi ini, menurut penelitian, terjadi setelah olahraga dilakukan dalam durasi 10 menit ke atas untuk aerobik. Selain itu, olahraga aerobik juga membantu pasien parkinson untuk mengontrol gerakan tubuh.

Tidur cukup
Waktu tidur yang cukup juga jadi salah satu pemicu produksi dopamin seimbang. Kurang tidur bisa mengurangi sensitivitas dopamin, sehingga menyebabkan munculnya perasaan ngantuk.

Baca Juga: Mengenal Khasiat Minum Kopi yang Perlu Ditandai

Sinar matahari
Sinar matahari pagi dapat menimbulkan perasaan lebih baik dan good mood. Sebaliknya, orang akan lebih mudah depresi dan stres jika sedang musim dingin, musim penghujan atau dimana sinar matahari minim bersinar. Itu disebut sebagai gangguan afektif musiman atau Seasonal affective disorder (SAD). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply