Tips Pilih Susu yang Tepat Agar Anak Tak Mudah Sakit

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini kondisi cuaca tidak menentu, terkadang panas dan tiba-tiba hujan deras. Kondisi ini membuat anak mudah sakit. Jika anak sakit, bisa mengganggu aktivitasnya. Oleh karena itu, bunda harus bisa menjaga kondisi daya tahan tubuh sang anak. Sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri dan virus.

Ada banyak tips parenting untuk menjaga kondisi anak tidak mudah sakit, diantaranya berikut ini. Banyak orang tua, yang tidak tahu cara memberikan antibiotik yang benar. Ketika anak sakit atau masih gejala, langsung diberi antibiotik. Padahal pemberian antibiotik yang salah, dapat membuat daya tahan tubuh anak menurun. Anak menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam virus dan bakteri. Perlu bunda tahu bahwa tidak semua penyakit harus diberi antibiotik. Apalagi bunda tidak memberikan antibiotik sampai habis. Ketika bunda diberi antibiotik oleh dokter, pastikan selalu habis selama 3 hari. Ini akan membuat daya tahan tubuh anak tetap baik.

Lakukan konsultasi ke dokter, sebelum memberikan anak antibiotik. Para orang tua pasti tidak ingin buah hatinya jatuh sakit. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang tepat agar si kecil selalu sehat. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh si kecil.

Bunda bisa menambahkan pemberian susu untuk mencukupi asupan hariannya. Namun perlu diingat untuk tidak memberikan susu secara sembarangan. Agar tepat guna, pilih susu yang mengandung probiotik dan prebiotik. Nutrisi yang dibutuhkan adalah semua komponen yang ada di ASI, seperti protein immunoglobulin, laktoferin, probiotik, dan bifidus factor (prebiotik.

Mengapa harus probiotik? probiotik merupakan bakteri baik yang dibutuhkan tubuh si kecil. Sementara prebiotik sendiri, merupakan makanan bagi bakteri baik yang dapat membantu pencernaan sehat si kecil.

Sehingga anak nggak mudah diare atau sembelit, nutrisi terserap lebih baik, daya tahan tubuh meningkat, dan nafsu makan meningkat. Pastikan juga susu si kecil mengandung laktoferin. Hal tersebut memiliki peran penting untuk daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah sakit.

Baca Juga: Tips Menghabiskan ‘Me Time’ Yang Bahagia

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa bayi yang mendapatkan laktoferin mempunyai pertahanan tubuh yang baik, dan terhindar dari infeksi jamur, virus, dan bakteri pada penderita infeksi saluran pernapasan dan cerna. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply