Tips Puasa Tetap Lancar Selama Traveling atau Bepergian Jauh!

0
T MauTips.com, Jakarta. Meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan dan sedang bepergian, mungkin satu tantangannya adalah menahan diri agar tidak cepat lelah dan lemas selama di perjalanan, apalagi jika perjalanannya jauh. Tapi bukan berarti tak bisa jalan-jalan atau traveling selama berpuasa. Jika kebetulan sedang traveling selama puasa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar puasa tetap lancar selama traveling.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berpergian selama bulan ramadan.

Membawa perbekalan berbuka puasa
Karena akan melakukan perjalanan panjang dan jauh, ketahui kondisi tubuhmu dan bersiap-siap dengan bekal selama di perjalanan. Ketika tidak memungkinkan turun dari kendaraan saat waktu berbuka tiba, kamu bisa mengeluarkan bekal yang dibawa. Pastikan juga bekal yang dibawa tidak terlalu berat, membebani dan tidak mudah basi.

Salat
Jika bepergian jauh tidak memungkinkan untuk mampir ke masjid atau mushola, maka lakukan salat jama’ dan qashar sehingga puasa Ramadan tetap berkah dengan menjalankan ibadah wajib. Tak perlu khawatir kehilangan kesempatan meninggalkan salat.

Pilih transportasi yang nyaman
Karena perjalanan jauh yang ditempuh, pastikan pula kendaraan yang dipilih aman dan nyaman. Dapat kebagian duduk dan tidak berdesakan dengan penumpang lain. Akan lebih baik jika memilih bepergian setelah buka puasa atau setelah sahur agar puasa tidak terganggu.

Survei lokasi
Sebelum berangkat, ada baiknya melakukan penelusuran terlebih dahulu tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Entah itu tempat mencari makan berbuka dan sahur, tempat bermalam, tempat berjamaah tarawih, dan lain sebagainya sehingga aktivitas bulan Ramadan tetap terlaksana meski jauh dari rumah.

Baca Juga: Tips Cegah Sakit Kepala Saat Sedang Puasa Ramadan, Begini Caranya!

Membawa Al Qur’an
Jika ingin menambah ibadah selama bulan ramadan, bisa membawa Al Qur’an dalam perjalanan. Karena akan ada banyak waktu senggang selama perjalanan, bisa mengisi waktu dengan membaca Al Qur’an. Jika repot membawa Al Qur’an fisik, bisa juga lewat aplikasi di ponsel.

Nah, itu dia caranya agar ibadah puasa bulan Ramadan tetap bisa berjalan lancar meski sedang puasa. Semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply