Tips Sederhana Memandikan Bayi di Musim Hujan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini kondisi sering dilanda hujan, kita yang orang dewasa saja kadang malas bersentuhan dengan air. Saat cuaca cerah, bayi sah-sah saja mandi beberapa kali dalam seminggu. Meski tidak mandi, jangan lupa menyeka bagian tertentu si kecil. Misalnya saja bagian bawah tubuh bayi saat mengganti popok atau punggung bayi dan lipatan kulit saat menggantikan baju.

Sementara di hari-hari yang lebih dingin bisa mempengaruhi kelembapan kulit. Apalagi kulit bayi 30 persen lebih tipis dari tubuh orang dewasa. Jadi harus hati-hati kalau sering-sering memandikan bayi, apalagi kalau pakai produk yang nggak ramah pada kulit bayi. Karena itu, saat musim hujan nggak apa-apa kalau bayi melewatkan waktu mandinya.

Cara lain untuk melindungi kelembapan kulit bayi adalah dengan meletakkan humidifier di dalam ruangan tempat bayi tidur bayi. Kalau hendak memandikan bayi disarankan agar orang tua menggunakan siku untuk mengukur suhu air di bak mandi. Jangan sampai kepanasan atau terlalu dingin.

Orang tua membatasi waktu bayi di bak mandi, maksimal 10 menit atau kurang untuk mencegah kulit kering. Disarankan juga tidak sering-sering memandikan si kecil untuk membersihkan daerah popoknya secara teratur dengan tisu bayi dengan lembut. Kotoran bayi lebih berlemak daripada orang dewasa sehingga air saja tidak cukup untuk menjaganya tetap bersih.

Baca Juga: Hilang Fokus dan Mudah Lupa Waspada Gejala Brain Fog

Perlu juga membersihkan secara teratur lipatan kulit di daerah lehernya. Soalnya daerah itu rentan menjadi tempat tetesan ASI terkumpul. Kita bisa menggunakan lap basah atau tisu bayi yang tidak mengandung wewangian untuk menyeka daerah lehernya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply