Tips Tetap Bugar dan Sehat Menyusui Selama Bulan Ramadan

0
T MauTips.com, Jakarta. Tinggal menunggu hari bulan Ramadan akan tiba. Bagi yang menjalankannya, sejauh ini sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut Ramadan. Untuk yang sedang hamil atau menyusui, apakah Ramadan kali ini berencana untuk tetap berpuasa meski sedang hamil dan menyusui? Puasa Ramadan pada dasarnya merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

Namun, ada keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk membatalkan puasa. Bagi ibu hamil dan menyusui yang membatalkan puasa di bulan Ramadan karena khawatir akan membahayakan dirinya juga sang bayi jika tetap berpuasa, maka ia diperkenankan membayar fidyah dan mengganti puasa di hari lain. Namun, bagi diri yang berencana tetap berpuasa selama hamil dan menyusui, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bugar dan sehat selama berpuasa. Cara ini juga akan membuat bayi tetap terpenuhi nutrisi serta gizinya dengan baik.

Menyusui
Walau sedang berpuasa, pastikan untuk tetap makan tiga kali dalam sehari. Makan dengan makanan kaya nutrisi serta gisi juga dengan porsi tepat saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Saat malam hari sebaiknya juga ngemil makanan sehat seperti salad sayur dan buah.

Minum Air Putih Cukup
Selama berpuasa dan menyusui, pastikan untuk minum air putih cukup. Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah merupakan asupan nutrisi terbaik buat tubuh. Pastikan untuk menutrisi tubuh dengan sayur dan buah cukup selama puasa. Dengan mengonsumsi sayur dan buah cukup, ini juga akan membantu tubuh memproduksi ASI secara lebih baik dan banyak.

Miliki Istirahat Cukup
Usahakan untuk memiliki istirahat cukup selama berpuasa. Memiliki aktivitas terlalu padat dan kurang istirahat bisa memengaruhi produksi ASI apalagi jika dibarengi dengan aktivitas puasa. Selain itu, penting juga bagi ibu menyusui yang berpuasa menghindari stres. Stres hanya akan membuat produksi ASI terhambat.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Tubuh Jelang Ramadan agar Puasa Lancar

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bugar dan sehat selama berpuasa sambil menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika berencana berpuasa sambil menyusui, pastikan untuk mengkonsultasikan hal ini dulu dengan dokter atau bidan ahlinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply