Tuntunan Bacaan Doa Niat Surat Al-Quran Malam Lailatul Qadar Bulan Ramadhan

0
T MauTips.com, Jakarta. Malam Lailatul Qadar memiliki ciri tersendiri. Ciri ini menjadi tanda yang membedakan malam penuh keberkahan tersebut dengan malam-malam lainnya. Sepuluh hari terakhir Ramadhan akan tiba tidak lama lagi. Pada waktu ini, banyak pahala disebar melebihi hari-hari lain. Terdapat satu malam begitu istimewa pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Malam itu mengandung keberkahan seribu bulan, yang dikenal dengan malam Lailatul Qadar. Setiap Muslim dianjurkan meningkatkan ibadah dan amal saleh dalam waktu sepuluh hari terakhir ini. Salah satu tujuannya agar tidak kehilangan malam Lailatul Qadar. Berikut tanda malam beberapa tanda Lailatul Qadar. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi.

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan. Rasulullah saw. tidak menyebutkan secara khusus, kapankah lailatul Qadar tiba. Meskipun demikian, beliau memberikan panduan agar umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Baca Juga: Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya seperti terjadi pada sebagian sahabat Rasulullah SAW. Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar. Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply