Waspada Jika Anak Suka Main Slime Bahan Kimia Di Dalamnya

0
W MauTips.com, Jakarta. Slime, entah siapa yang memulai dan bagaimana awalnya mainan yang satu ini menjadi sangat populer. Anak mana yang di beberapa tahun belakangan ini tidak memainkan mainan ini. Bisa dibuat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di mana saja. Tapi ada yang perlu diperhatikan dengan mainan dengan bahan-bahan dasar yang hampir seluruhnya berasal dari material kimia ini.

Slime adalah benda lengket mirip gel tapi bisa molor saat ditarik-tarik. Anak-anak sekarang suka memainkannya, karena tersedia dalam berbagai warna menarik dan bisa dibentuk macam-macam. Bahkan di pasaran saat ini dijual pula bahan-bahan pembuat slime, sehingga anak dapat belajar membuat sendiri di rumah. Akan tetapi orang tua harus waspada pada bahan kimia yang dipakai untuk membuat slime.

Pastikan bahan tersebut aman untuk anak dan tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatannya. Peringatan tersebut tentu bukan tanpa sebab, karena sudah pernah terjadi kasus melepuhnya kulit seorang anak di Massachusets AS akibat memainkan slime. Anak trsebut bermain slime bersama temannya seperti biasa.

Namun malam harinya ia menangis kesakitan karena kulit tangannya melepuh. Orang tuanya panik dan membawa sang putri ke dokter. Dalam pemeriksaan, tangannya ternyata mengalami efek luka bakar akibat adanya bahan kimia boraks yang kerap jadi bahan utama slime. Pemakaian boraks dimaksudkan untuk mengenyalkan tekstur slime.

Baca Juga: 5 Manfaat Nasi Putih Untuk Si Kecil

Bahan yang nama ilmiahnya tetrasodium borate itu bagi sebagian anak memang tak bermasalah. Namun untuk sebagian lainnya yang berkulit sensitif, bisa menimbulkan efek melepuh di tangan. Orang tua harus mengarahkan anak untuk tidak memasukkan slime ke mulut, dan selalu mencuci tangan usai memainkannya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply