Agar Tidak Merusak Kesehatan Batasi Asupan Kafein

0
Kopi termasuk dalam minuman yang memiliki banyak pengemar. Bagi para pencinta kopi, secangkir kopi di pagi hari adalah hal yang wajib ada. Walau tak semua orang tahan dengan efek kafein, tetapi beberapa penelitian menyebut kebiasaan minum kopi bisa menurunkan risiko Diabetes Melitus. Kopi juga membantu mencegah multiple sclerosis.

Kafein dapat melindungi dari penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer. Menariknya hal tersebut tidak memengaruhi fungsi sel-sel kekebalan di otak, tetapi memiliki dampak pada bagian tertentu yang mungkin memicu kedua penyakit tersebut.

Menurunkan risiko jenis kanker kulit yang berbahaya. Walau begitu, cara paling efektif mencegah kanker kulit adalah mengurangi paparan berlebihan sinar ultraviolet, menggunakan tabir surya, dan menghindari proses tanning.

Kopi dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara. Wanita yang rajin minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, tetapi para peneliti menggarisbawahi bahwa faktor gaya hidup sehat juga jadi penentu. Mencegah kematian, kopi memang tidak bisa menangkal kematian untuk selamanya.

Agar Tidak Merusak Kesehatan Batasi Asupan Kafein

Peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dalam periode penelitian yang dilakukan selama 13 tahun. Semakin banyak kopi yang dikonsumsi, maka akan semakin rendah risiko kematian. Meningkatkan kemampuan olahraga, bahwa satu jam latihan jauh lebih menyenangkan dan tidak menyulitkan setelah mereka menelan kafein dibandingkan plasebo. Ini karena adanya zat tertentu dalam kopi yang memiliki efek meningkatkan rasa gembira. Namun peringatan bagi penggemar kopi untuk membatasi asupannya agar tidak berefek negatif bagi kesehatan. Peringatan tersebut diberikan mengingat banyak di antara mereka tidak terlalu memperhatikan asupan kafein ke dalam tubuhnya. Jika mengonsumsi kafein berlebih tak dihentikan, siap-siap saja dengan masalah kesehatan di kemudian hari. Konsumsi lebih dari lima espreso sehari dapat merusak kesehatan.

Agar Tidak Merusak Kesehatan Batasi Asupan Kafein

Masalah jantung, insomnia, maupun serangan panik, kesemuanya dikaitkan dengan konsumsi kafein yang berlebihan. Kopi menjadi salah satu sumber kafein yang cukup banyak dikonsumsi. Namun, selain kopi ada sejumlah sumber kafein lainnya seperti teh, minuman berenergi, minuman bersoda, dan cokelat juga mengandung kafein. Rekomendasi jumlah maksimum asupan kafein adalah hingga 6 mg per kg berat badan.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Anjuran lainnya adalah, dengan selalu mengonsumsi air sebagai pilihan minuman yang utama sekaligus mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi, mengingat kafein bersifat diuretik alami. Kemudian, konsumsi kafein mesti dihentikan setidaknya 6 jam sebelum tidur guna mencegah gangguan tidur.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply