Alasan Mengapa Jus Buah Tidak Selalu Sehat

0
Buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun jus segar yang dibuat sendiri di rumah lebih bergizi jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ditemukan dalam jus kemasan. Selain ditemukan bahan pengawet, rasa jus kemasan bahkan tidak sesegar jus buah yang baru dibuat.

Berpikir bahwa jus buah selalu sehat dan aman dikonsumsi setiap hari, anggapan itu ternyata keliru. Jus buah bisa saja mengandung gula lebih banyak daripada minuman soda atau sirup. Kebanyakan produk minuman berlabel buah mengandung gula yang sama dengan yang digunakan pada minuman bersoda.

Hal ini juga berlaku untuk jus dari buah asli. Gula yang berasal dari buah memang alami dan sedikit lebih sehat ketimbang gula pasir, cair, gula batu atau jenis gula lain yang telah diproses pabrik.

Namun bukan berarti gula buah sehat atau aman 100 persen dan bisa dikonsumsi sebebasnya. Dari manapun asalnya, gula tetaplah gula dan asupannya perlu dibatasi. Jika ingin mendapatkan manfaat dari buah, sebaiknya konsumsi dengan memakannya dalam bentuk utuh. Kalaupun tetap ingin dibuat jus, sertakan juga seratnya dan hindari penyaringan yang hanya menyisakan airnya saja.

Alasan Mengapa Jus Buah Tidak Selalu Sehat

Karena justru ampas buah itulah yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Jangan tambahkan gula maupun bahan-bahan lainnya seperti susu cair, susu kental manis atau krim. Selama ini pasti sepakat bahwa jus buah merupakan minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Sebab minuman ini didominasi oleh buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin guna mendukung kesehatan tubuh. Jus buah juga bisa menjadi minuman yang tidak terlalu menyehatkan untuk tubuh.

Alasan Mengapa Jus Buah Tidak Selalu Sehat

Jika jus buah yang diminum kebanyakan hanya terdiri dari air maka sudah bisa dipastikan jika kandungan nutrisinya rendah. Proses membuat jus akan meningkatkan fruktosa dalam minuman. Jika fruktosa tersebut diserap terlalu cepat dalam tubuh maka jus buah justru bisa menyebabkan diabetes. Sebelum diolah menjadi jus dan dikonsumsi dalam bentuk utuh maka sistem pencernaan Anda mencerna buah tersebut secara perlahan.

Baca Juga: Pikiran Negatif Membuat Tubuh Jadi Sakit

Namun saat sudah diolah menjadi jus, maka terjadi lonjakan gula darah sebab jus hanya membutuhkan waktu sebentar untuk dicerna. Dan hal tersebut tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Proses membuat jus bisa menanggalkan beberapa nutrisi sehat di dalamnya. Sehingga bisa saja jus tidaklah terlalu sehat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply