Alasan Minum Empat Cangkir Kopi Tiap Hari Tak Akan Beri Efek Buruk

0
A MauTips.com, Jakarta. Selain ditemukan dapat meredakan peradangan dan mendorong fungsi otak, kafein juga sudah lama dihubungkan dengan penyakit jantung dan demensia. Kopi juga mengandung zat psikoaktif yang digunakan banyak orang dan mudah didapatkan. Zat psikoaktif ini juga dikenal dapat menyebabkan dan memperburuk kecemasan.

Setelah meninjau ulang 740 penelitian tentang pengaruh kafein pada manusia, para penelitian di International Life Sciences Institute (ILSI) mendapati jika mengkonsumsi 400mg kopi atau 4 cangkir kopi tiap harinya masih dalam batas aman untuk orang dewasa. Selama kuantitas tidak melebihi, para peneliti ini menganggap tidak ada yang perlu dikuatirkan lagi soal minum kopi tiap harinya.

Penemuan lain juga adalah jumlah untuk wanita hamil yang tidak boleh lebih dari 300mg, setara dengan tiga gelas kopi. Walau kajian yang sebagian didanai oleh ILSI ini telah dipublikasikan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, penelitian ini juga mendapat sumbangan dari American Beverage Association dan National Coffee.

The European Food Safety Agency memperingatkan mereka yang melanggar batas itu akan berisiko derita banyak masalah kesehatan, mulai dari gangguan kecemasan hingga serangan jantung. Peringatan juga ditujukan kepada wanita hamil karena hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dari mengonsumsi kafein berlebihan akan menyebabkan bayi kurang bobot.

Baca Juga: Ini Alasan Semangka Tak Baik Dikonsumsi Malam Hari

Rata-rata segelas kopi mengandung 50mg, sementara minuman energi 80mg per kaleng. Sebatang kecil cokelat hitam memiliki 50mg kafein, sementara cokelat susu setengahnya. Minuman bersoda yang sering dianggap tinggi kafein, hanya mengandung 30mg per kaleng. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply