Awas, Dampak Cacing Anisakis, Parasit dalam Ikan Kaleng !

0
A MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini beredar kabar mengejutkan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) yang mengungkapkan bahwa ada produk impor ikan mackarel kaleng yang terbukti mengandung cacing. Ketiga produk asal China ini berlabel IO, Farmer Jack dan HOKI. Hal ini kemudian viral di media sosial yang menyebut bahwa jenis cacing dalam produk merupakan cacing pita.

Cacing anisakis merupakan cacing parasit yang menyerang ikan laut. Cacing anisakis dapat menginfeksi salmon, hering, ikan cod, mackerel, cumi, kakap merah, dan halibut. Cacing masuk ke usus inangnya, bereproduksi dan mengeluarkan telurnya ke laut lewat tinja inangnya. Sebenarnya cacing anisakis adalah cacing yang lazim terdapat pada ikan-ikanan. Keberadaan cacing anisakis pada ikan mengindikasi bahan baku ikan terkontaminasi cacing tersebut. Sebetulnya, proses pemanasan pada ikan kaleng yang baik akan menginaktivasikan cacing tersebut.

Jadi secara umum, dapat dikatakan bahwa tidak ada risiko kesehatan yang disebabkan karena anisakis. Namun kasus temuan cacing anisakis pada tiga produk ikan kaleng menunjukkan bahwa produsen tidak menangani bahan baku dengan higienis. Cacing anisakis pada ikan sebetulnya dapat dibersihkan.

Ada indikasi produsen tidak mengikuti good manufacturing practices (GMP) sesuai dengan standart operational procedure (SOP) dengan baik. Cacing anisakis dapat menginfeksi manusia jika masih hidup. Dengan proses pengalengan pangan, dengan proses pemanasan, maka cacing tersebut akan mati. Adanya anisakis mengindikasikan bahwa bahan baku ikan tersebut telah terkontaminasi dengan cacing tersebut.

Kalau ditemukan dalam ikan (yang tentunya sudah diproses dengan prosedur yang baik) sebenernya si cacing tersebut sudah mati. Jadi, walaupun tidak akan menimbulkan penyakit pada manusia, keberadaannya tetap tidak diinginkan karena menjijkkan, dan sering digolongkan sebagai filth atau bahaya fisik yang menjijikkan.

Baca Juga: Menakar Nilai Gizi dan Protein Cukup Tinggi Ikan Kaleng

Cacing yang masuk ke tubuh manusia akan menginvasi dinding perut atau usus sehingga mengakibatkan rasa sakit, mual dan muntah. Dalam beberapa kasus, orang dapat mengalami komplikasi termasuk pendarahan pada pencernaan, peradangan pada dinding dalam perut dan kerusakan usus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply