Awas! Jangan Konsumsi 5 Jenis Obat Ini Dengan Teh

0
A MauTips.com, Jakarta. Sebaiknya hindari meminum teh dan obat secara berbarengan untuk menghindari dampak negatif dari aktivitas tersebut. Meski umumnya orang menggunakan air putih untuk menenggak obat, ada juga yang memilih teh guna menyamarkan rasa pahit dari obat. Tapi ternyata, menggunakan teh untuk meminum obat bisa mengganggu fungsi obat tertentu.

Berikut daftar obat yang tidak boleh diminum dengan teh.

Obat Sakit Kepala
Banyak orang yang menghindari konsumsi teh dengan paracetamol. Teh mengandung kafein dan bisa menambah atau memperkuat efek obat sakit kepala. Terlebih, beberapa merk obat sakit kepala juga menambahkan kafein dalam komposisi obat.

Obat Hipertensi
Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Clinical Pharmacology & Therapeutics mengungkap bahwa konsumsi teh hijau dengan nadolol (salah satu obat hipertensi) harus dihindari.

Antibiotik
Sejumlah jenis antibiotik seperti enoxacin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan makanan maupun minuman yang menyimpan kafein seperti kopi, teh, soda, atau cokelat. Mengonsumsi kafein bersamaan dengan antibiotik ini, dapat meningkatkan risiko efek samping seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan cemas.

Obat Diabetes
Obat diabetes tentunya bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah. Tapi sebaliknya, meminuh teh justru dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi efektivitas obat diabetes. Karena itu sebaiknya kamu tidak mengonsumsi obat diabetes bersamaan atau dalam waktu berdekatan dengan teh.

Suplemen Zat Besi
Teh hitam mengandung tanin yang mengikat zat besi dan membuatnya tidak diserap oleh tubuh. Tentunya, ini akan menimbulkan masalah bagi mereka yang sudah kekurangan zat besi atau tidak mengkonsumsi makanan kaya zat besi yang cukup. Sebuah studi menemukan mereka yang minum teh hitam mengalami penurunan sebesar 62 persen dalam penyerapan zat besi suatu makanan.

Baca Juga: Ini Bahaya Diabetes yang Tak Terkontrol, si Silent Killer!

Sementara yang minum kopi dengan makanan tersebut mengalami penurunan 35 persen. Sedangkan mereka yang memilih jus jeruk untuk pendamping makanan mereka malah mengalami 85 persen peningkatan penyerapan zat besi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply