Awas Jangan Sampai Menelan Biji Apel Karena Mengandung Sianida!

0
A MauTips.com, Jakarta. Apel memang buah yang menyehatkan dan menyegarkan. Selain itu, apel juga memiliki manfaat yang menakjubkan untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang ditemukan pada apel dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi. Namun, belakangan beredar kabar bahwa biji apel mengandung sianida.

Buah apel memang menyehatkan, namun ada salah satu bagiannya yang ternyata beracun karena terdapat kandungan racun di dalamnya yakni biji. Biji buah apel tak disarankan untuk dikonsumsi, berbeda dengan kulitnya yang sangat tinggi antioksidan.

Ilmuwan mengungkap bahwa dalam biji buah apel ada amigdalin, semacam zat yang di dalam pencernaan manusia akan bereaksi dengan enzim pencernaan dan melepaskan senyawa sianida yang dikandungnya. Apabila tertelan maka cukup membahayakan, sebab sejatinya ia adalah racun yang bekerja dengan cara mengurangi suplai oksigen dalam tubuh.

Memang jumlahnya sangat sedikit yakni hanya 0,06-0,24 mg sianida per 1 gram biji apel. Pada biji apel ada lapisan pelindung yang mencegah amigdalin untuk keluar dan mencemari buah apel. Namun jika biji tersebut tertelan, maka lapisan tersebut akan rusak dan bereaksi dengan berbagai enzim dalam pencernaan.

Pada kasus berat akibat menelan biji apel, korban akan merasakan gejala kejang, sesak napas, gemetar, spasm (otot kejang), berdebar, gagal napas, dan tekanan darah menurun. Bisa juga akan terasa mual, muntah, kram perut, pusing, bingung dan lemas dilanjutkan pingsan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Masalah Apple ID Apple Anda Telah Dinonaktifkan

Apabila tubuh terpapar sianida dari beberapa jenis buah dan tanaman maka solusinya adalah dengan banyak minum air putih untuk memudahkan detoksifikasi. Dianjurkan pula untuk konsumsi cukup protein agar tubuh lebih kuat dan tidak terpengaruh efek buruk sianida dalam tanaman tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply