Awas! Kebiasaan Makan Ini Bisa Melemahkan Imunitas Tubuh

0
A MauTips.com, Jakarta. Pola makan sehat adalah kunci dari imunitas tubuh yang kuat. Mengonsumsi makanan sehat akan membuat tubuh mendapat beragam asupan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral, yang mampu menciptakan ‘sistem pertahanan kuat’ tubuh dalam menghadapi serangan bakteri maupun virus.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang melemahkannya. Hindari beberapa kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh ini. Selain jalani pola makan sehat, juga perlu menghindari hal-hal yang bersifat melemahkan imunitas tubuh. Misalnya tidak cukup tidur, menjalani gaya hidup tidak aktif, atau sering merasa stress. Kemudian perhatikan juga pola makan sehari-hari. Hindari kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh. Meski terlihat sepele, namun dampaknya sangat besar untuk tubuh.

Berikut kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh.

Terlalu banyak gula
Mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung gula bukan hanya menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lainnya, melainkan juga melemahkan imunitas tubuh. Makanan mengandung gula yang perlu diwaspadai antara lain minuman soda, aneka kue dan dessert, dan minuman kemasan, aneka saus dan bumbu, dan bahkan sereal.

Konsumsi makanan tinggi garam
Kebiasaan makan yang bisa melemahkan imunitas tubuh selanjutnya adalah mengonsumsi terlalu banyak garam. Konsumsi tinggi garam seperti makanan olahan bisa memicu inflamasi (peradangan) tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Garam bersifat “menekan” respons antiinflamasi dan bahkan mengganggu keseimbangan mikrobiota usus yang berperan penting dalam pengaturan imunitas tubuh.

Tidak makan banyak buah dan sayur
Membicarakan pola makan sehat tentu tak bisa lepas dari asupan buah dan sayur. Ternyata kurang konsumsi dua makanan bernutrisi ini berdampak pada imunitas tubuh yang lemah. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam menciptakan sistem pertahanan tubuh. Ketiganya juga diperlukan agar tubuh mampu melawan infeksi jika ada serangan dari bakteri maupun virus.

Kurang vitamin D
Kebiasaan makan yang melemahkan imunitas tubuh ini terkait asupan vitamin. Kalau kurang konsumsi vitamin D, ternyata tidak bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin D memiliki senyawa antiinflamasi yang terkenal dapat mendorong fungsi sel-sel imun tubuh. Selain dari suplemen, vitamin D bisa didapat alami dari asupan makanan tertentu.

Baca Juga: Vitamin dari Bahan Makanan Untuk Covid yang Mudah Didapat

Makan gorengan dan menu cepat saji
Gorengan dan ragam menu cepat saji memang nikmat, tapi kebiasaan makan ini harus dihindari karena melemahkan imunitas tubuh. Gorengan mengandung molekul bernama AGEs yang dapat meningkatkan inflamasi, merusak mekanisme antioksidan, disfungsi sel tubuh serta berefek buruk bagi kesehatan bakteri baik dalam usus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply