Awas! Kebiasaan Makan yang Ganggu Pencernaan

0
A MauTips.com, Jakarta. Beberapa gejala umum dari metabolisme yang lebih lambat termasuk hal-hal seperti rambut rontok, kulit kering, kelelahan, dan penambahan berat badan atau kesulitan menurunkan berat badan. Penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Pasalnya, proses ini membantu berbagai berbagai fungsi tubuh, termasuk mengubah makanan menjadi energi dan membakar kalori. Kendati demikian, ada sejumlah kebiasaan makan yang membuat metabolisme berjalan lambat hingga ganggu pencernaan. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui kebiasaan makan terburuk untuk metabolisme dan pencernaan Anda.

Berikut kebiasaan makan yang ganggu pencernaan, menurut ahli.

1. Kurang protein
Mendapatkan cukup protein adalah bagian penting untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dan pencernaan. Menurut Nutrisi & Metabolisme, mengonsumsi makanan tinggi protein berkorelasi langsung dengan metabolisme keseluruhan yang lebih baik.

2. Melewatkan sarapan
Beberapa mungkin sangat sibuk sehingga tak sempat sarapan hingga ada yang sengaja melewatkannya demi mengurangi kalori. Namun, apa pun alasanny, Anda perlu mempertimbangkan kembali soal ini. Sarapan yang dianjurkan yakni sarapan kaya nutrisi serat, protein, dan lemak sehat.

3. Terlalu banyak kalori di malam hari
Tubuh tidak memerlukan makanan saat tidur. Tubuh kita suka makan di siang hari ketika kita lebih aktif dan membutuhkan bahan bakar yang tepat. Saat matahari terbenam, sistem pencernaan kita melambat untuk bersiap tidur, jadi orang yang melewatkan sarapan, makan sedikit di siang hari, dan mengonsumsi sebagian besar kalori harian mereka di malam hari bekerja melawan bioritme alami.

4. Kurang makan serat
Serat adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Serat tidak hanya membantu menjaga metabolisme yang sehat, tetapi juga membantu melawan hal-hal seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Serat dapat membantu metabolisme dalam dua cara utama: proses pencernaan, dan dengan membuat kenyang.

Baca Juga: Kenali Mitos Kesehatan Mata Yang Tak Perlu Terlalu Dipercaya

5. Tidak cukup kalori
Memangkas kalori terkadang bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Namun, jika tidak mengonsumsi cukup kalori sepanjang hari, itu justru memperlambat metabolisme. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply