Awas! Kenali Hal Mengejutkan yang Merusak Otak

0
A MauTips.com, Jakarta. Terdapat sejumlah hal yang tanpa disadari merusak otak. Hindari melakukan hal ini atau malah menjadikannya kebiasaan karena dapat mempercepat kerusakan otak. Otak adalah organ vital yang mengatur fungsi tubuh. Kerusakan pada otak dapat mengganggu fungsi tubuh. Selain itu, otak yang rusak juga memicu munculnya penyakit, salah satunya demensia.

Berikut 5 hal mengejutkan yang merusak otak.

Kesepian
Manusia merupakan makhluk sosial. Artinya, setiap individu pasti butuh individu lain untuk menjalani kehidupannya. Itu sebabnya, kesepian menjadi momok bagi hampir setiap individu. Beberapa orang mungkin tidak menyadari dirinya kesepian. Jangan biarkan kesepian menggerogoti tubuh. Kesepian menciptakan stres yang dapat merusak sel-sel otak. Studi menunjukkan kesepian meningkatkan risiko seseorang hingga 50 persen mengalami demensia.

Kurang tidur
Selama tidur, otak meregenerasi sel. Sel-sel yang rusak akan diganti dengan yang baru. Namun, saat kurang tidur, sel otak tak bisa memperbaiki diri sendiri. Sebaliknya, otak akan rusak semakin parah. Lama kelamaan fungsi otak akan menurun.

Tidak olahraga
Olahraga tak hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik, tapi juga otak. Saat tubuh tidak berolahraga, otak dapat mengalami kerusakan. Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak. Berjalan santai 30-60 menit, 3-5 kali seminggu dapat meningkatkan fungsi otak.

Kurang nutrisi
Makanan juga mempengaruhi kesehatan otak. Makan-makanan yang tidak bergizi seperti makanan cepat saja dapat meningkatkan inflamasi di otak. Sebaiknya, konsumsi makanan kaya antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan. Konsumsi banyak buah dan sayur yang kaya vitamin dan antioksidan.

Baca Juga: Tips Dekorasi Teras Rumah Kecil, Simpel dan Aesthetic

Tidak memiliki tujuan
Coba tanyakan kembali pada diri Anda, tujuan apa yang Anda punya? Studi menunjukkan orang yang tidakk memiliki tujuan hidup 2,4 kali lebih mungkin mengalami Alzheimer. Memiliki tujuan membuat otak tetap aktif dan terhindar dari kerusakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply