Awas! Rasa Lelah Berlebihan Bisa Menjadi Pertanda Penyakit

0
A MauTips.com, Jakarta. Salah satu tanda penuaan yang kerap dialami orang pada umumnya ialah rasa mudah lelah dan letih. Namun, bisa juga timbulnya rasa lelah berkepanjangan akibat gaya hidup buruk. Seperti makan tidak teratur, kurang tidur, kekurangan nutrisi, dan jarang berolahraga. Penuaan merupakan bagian dari siklus hidup yang tak bisa dihindari.

Memasuki usia 30, di situlah penuaan dimulai. Beragam penurunan fisik mulai terasa, seperti kulit yang mengendur dan stamina yang tak sekuat sebelumnya. Selain karena faktor penuaan, rasa lelah berkepanjangan bisa menjadi pertanda beberapa penyakit berikut ini.

Anemia
Kelelahan yang disebabkan oleh anemia adalah akibat dari kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh.

Diabetes
Masalah bagi penderita diabetes tipe 2 ialah tidak dapat mengolah glukosa dengan benar yang menyebabkannya terbentuk di dalam darah. Kelelahan kerap menjadi tanda peringatan pertama seseorang mengidap diabetes.

Penyakit tiroid
Semakin banyak hormon tiroid (hipertirodisme), maka metabolisme tubuh semakin cepat. Namun semakin sedikit hormon tiroid (hipotirodisme), maka metabolisme melambat. Depresi
Depresi merupakan penyakit utama yang memengaruhi pola makan dan tidur. Depresi juga dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi.

Rematik
Rematik terjadi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik melawan dirinya sendiri dan menyerang jaringan sendi yang sehat, terkadang mengakibatkan kerusakan tulang dan kartilago. Gejala berupa kelelahan, nyeri sendi, serta kehilangan nafsu makan pertanda timbulnya rematik.

Baca Juga: Langkah Tepat Saat Terjebak di Cinta Tak Berbalas

Apnea Tidur
Apnea tidur adalah kelainan yang ditandai dengan gangguan nafas sesaat saat tidur. Hal ini menyebabkan merasa lelah ketika terbangun. Rasa lelah itu terus berlanjut hingga siang hari. Biasanya gejala ini ditandai dengan dengkuran keras dan diikuti rasa lelah pada keesokan harinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply