Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Pada Tubuh Dan Kesehatan

0
B MauTips.com, Jakarta. Terlalu banyak mengkonsumsi garam ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Dengan mengurangi konsumsi garam, orang bisa terhindar dari penyakit ini. Orang yang mengkonsumsi garam sekitar 3 gram sehari, sepertiga kali lebih terhindar dari sakit kepala. Daripada mereka yang mengkonsumsi hingga 9 gram sehari. Tiga gram garam setara dengan sekitar setengah sendok teh garam.

Ilmuwan belum memahami sepenuhnya mengapa mengurangi garam menurunkan risiko sakit kepala. Tapi mereka menduga ini karena ini menurunkan tekanan darah. Apabila berlebihan mengkonsumsi garam akan tampak gejala seperti berikut. Kognitif menurun, kemampuan kognitif atau kemampuan berpikir akan menurun apabila kebanyakan mengonsumsi garam. Sering haus sebab garam akan memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Kembung, natrium atau garam akan menyerap cairan, sehingga bila makan makanan dengan kadar garam tinggi maka beberapa lama perut akan kembung berisi cairan tubuh yang terserap. Batu ginjal, garam dalam kadar tinggi dapat memicu kenaikan jumlah protein pada urine. Hasilnya resiko penyakit batu ginjal meningkat karena penumpukan zat tersebut disana.

Baca Juga: Menu Lontong Cap Go Meh 2017 Terinspirasi Ketupat Opor Ayam

Maag, masih dari hasil studi yang dipublikasi oleh jurnal Infection and Immunity bahwa kambuhnya penyakit maag seseorang kerap disebabkan oleh banyaknya asupan garam. Darah tinggi, tekanan darah akan segera meningkat jika asupan garam Anda tinggi. Gejala tersebut menunjukkan bahwa sudah terlalu banyak natrium yang kita konsumsi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply