Bahaya Mencabut Bulu Hidung Penyebab Radang Otak

3
Bulu hidung memiliki fungsi sebagai filter atau penyaring partikel kecil yang masuk ke dalam hidung. Partikel tersebut dapat berupa bakteri, debu, jamur atau spora yang semuanya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Kegunaan bulu hidung memang sangat fital, tapi kadang kala dapat mengganggu penampilan karena tumbuh berlebih hingga melebihi rongga hidung.

Hal ini dapat mengusik kenyamanan sehingga membuat kita mencabut bulu hidung tersebut. Padahal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya bulu hidung tidak dicabut karena jika dilakukan dapat menimbulkan infeksi di rongga hidung. Infeksi itu timbul karena bekas bulu hidung yang dicabut menimbulkan luka di rongga hidung.

Setiap helai bulu hidung mengandung zat membran mukosa yang mampu mencegah bakteri dan juga virus masuk ke dalam tubuh. Jika mencabut bulu hidung dan terdapat bekas luka maka dapat mengakibatkan terjangkit bakteri dan virus yang bisa menyebabkan infeksi pada hidung. Efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh bekas luka tersebut adalah korban sakit kepala hingga sulit tidur.

Jika tidak ditangani secara cepat maka bisa menyebabkan panyakit radang otak. Karena itu disarankan untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mencabut bulu hidung. Sebagai jalan keluarnya bisa memotong untuk merapikan bulu hidung. Dengan memotong ujung bulu hidung akan lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan.

Bahaya Mencabut Bulu Hidung Penyebab Radang Otak

Bisul dalam hidung rasanya lebih parah ketimbang bisul yang eksis di bagian tubuh luar. Penderita akan merasa sakit dan nyeri yang amat sangat sehingga bisa membuatnya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bisul dalam hidung juga tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Sehingga penderita disarankan untuk segera berobat ke dokter dan jangan coba-coba mengobati sendiri bisul tersebut.

Bahaya Mencabut Bulu Hidung Penyebab Radang Otak

image source: http://www.pinskylickstein.com

Obat yang biasanya diberikan oleh dokter adalah antibiotik. Dan ini merupakan langkah yang penting karena ternyata di bagian hidung terdapat pembuluh darah yang langsung mengarah ke otak. Adanya luka di area tersebut dapat memungkinkan bakteri atau kuman lain masuk ke tubuh dan menyerang otak.

Disarankan untuk tidak mengutak-atik jerawat yang muncul di area di atas bibir. Syaratnya jangan dicabut melainkan digunting dengan menggunakan gunting khusus. Biasanya ukurannya lebih kecil dari gunting biasa. Perlu diperhatikan juga agar pada saat menggunting jaga agar jangan sampai ada bulu hidung yang dipotong masuk ke dalam hidung.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

3 Comments

  1. Pingback: Bahaya Mencabut Bulu Hidung | ApaKabarmu.com

Leave A Reply