Bahaya Miras Oplosan Sering Menewaskan Peminumnya

0
B MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini korban minuman keras (miras) oplosan tidak pernah habis-habisnya. Dalam sepekan terakhir, setidaknya 24 nyawa melayang akibat menenggak miras oplosan di wilayah hukum Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) terus berjatuhan. Sepuluh orang tewas di Jakarta Timur, delapan orang di Jakarta Selatan, empat orang di Depok, dan dua orang di Kota Bekasi.

Mereka diketahui membeli dan menenggak miras beralkohol. Kondisi ini tentu memprihatinkan karena masyarakat seperti belum paham bahaya dari konsumsi minuman keras ilegal tersebut. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, miras oplosan biasanya berasal dari campuran berbagai jenis minuman keras dan bahan lain yang dioplos sembarangan oleh pembuatnya. Artinya, si pembuat sendiri tak memiliki pengetahuan tentang bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Berapa kandungan alkohol dalam minuman yang sudah dicampur pun tidak jelas. Kalau bir mungkin tiga persen, wine bisa sekitar 20 persen. Ketika dioplos, kita tidak tahu konsentrasinya berapa, bisa 90 persen. Makin tinggi konsentrasi alkohol dalam minuman, maka makin berbahaya.

Apalagi jika ada bahan lain semisal alkohol industri (metanol), obat herbal, obat kuat, atau ginseng yang ditambahkan. Bahaya bagi kesehatan tentu banyak, jika Anda nekat mengonsumsi minuman tersebut. Dampak kronis yang ditimbulkan misalnya iritasi lambung, luka lambung yang makin parah. Berbagai zat di miras oplosan juga dapat memicu timbulnya kanker kolon atau kanker kolorektal.

Baca Juga: Ternyata Milkshake Bukan Minuman yang Menyehatkan

Organ hati pun dapat merasakan akibatnya, dengan mengalami rusak. Segala sesuatu dimetabolisme di liver (hati), minum alkohol membuat beban liver semakin berat, bisa sampai radang. Hati atau liver bisa mengalami penciutan atau sirosis, bisa kanker hati. Miras oplosan sering jadi pilihan peminum karena harganya yang dianggap lebih murah dibanding bir yang resmi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply