Batuk Berdarah Tanda Indikasi Penyakit Apa?

0
B MauTips.com, Jakarta. Batuk darah atau hemoptisis adalah keadaan ketika seseorang mengalami batuk yang disertai darah. Batuk darah sendiri merupakan suatu bentuk gejala yang bisa timbul akibat sejumlah kondisi, baik serius maupun tidak. Jika batuk darah dialami oleh kalangan usia muda yang memiliki riwayat kesehatan yang baik, biasanya ini bukan merupakan pertanda dari suatu penyakit serius.

Akan tetapi, jika orang yang mengalaminya diketahui memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau dia adalah seorang perokok, maka ada kemungkinan batuk darah ini sebagai gejala dari suatu kondisi yang serius. Bentuk batuk darah bermacam-macam, ada yang disertai dengan darah yang teksturnya berbusa atau berwarna merah muda, ada pula yang disertai dengan darah yang bercampur lendir. Segera temui dokter atau pergi ke rumah sakit jika mengalami batuk disertai dengan dahak bercampur darah.

Batuk dengan volume darah cukup banyak.Penyebab batuk darah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk darah di antaranya adalah Bronkitis, batuk berdarah yang disebabkan oleh kondisi ini jarang berkembang menjadi serius atau mengancam nyawa penderitanya.

Baca Juga: Tempat Periksa & Jadwal Praktek Dokter Umum Untuk Batuk di Jakarta

Infeksi paru,selain batuk darah, penderita kondisi ini akan mengeluarkan dahak berwarna atau bernanah, serta sesak napas yang disertai demam. Tuberkulosis atau TBC, ini merupakan golongan infeksi paru-paru parah. Selain batuk darah, TBC juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam dan berkeringat berlebihan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply