Beberapa Gejala Dehidrasi Yang Sering Tidak Disadari

0
B MauTips.com, Jakarta. Tidak haus bukan berarti kita sudah cukup cairan. Sering kali, haus baru muncul ketika tubuh sudah mengalami dehidrasi tingkat sedang. Nah pada tingkat ringan gejala dehidrasi ini sering tidak kita sadari. Gejala tubuh mengalami dehidrasi bukan hanya haus. Ada gejala lainnya yang mungkin selama ini sering tidak kita sadari.

Berikut beberapa di antaranya adalah kulit dan mulut kering, mulut dan juga kulit yang terasa kering menandakan tubuh mengalami kekurangan cairan, yang bisa menyebabkan dehidrasi. Karena itu jika mulut atau kulit terasa kering jangan ragu-ragu untuk meminum segelas air. Sekarang bahkan ada semprotan air untuk wajah dan kulit yang bisa membuat kulit tampak lembap.

Gagal fokus, mengantuk hingga lemot bisa terjadi karena dehidrasi juga lho. Hal ini terjadi karena kurangnya aliran pembuluh darah ke otak sehingga otak kesulitan untuk bekerja. Ketika sudah meningkat dehidrasinya bukan sekadar ngantuk atau gagal fokus, tapi juga bisa jadi sakit kepala. Gampang marah atau gangguan mood juga berhubungan dengan dehidrasi.

Baca Juga: Alasan Umum Kenapa Orang Tua Tak Biasakan Anak Sarapan

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan kepada anak-anak SD di Jakarta. Kram dan kesemutan memang merupakan masalah otot dan saraf. Namun faktor pencetus masalahnya adalah kurangnya cairan di dalam otot yang membuatnya mudah tegang. Ini yang paling jarang diketahui, kalau pada atlet sampai terjadi seperti ini berarti memang sudah dehidrasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply