Beberapa Penyebab Meninggal Mendadak Setelah Olahraga

0
Seseorang yang memiliki faktor risiko tinggi serangan jantung dan stroke, bila marah bisa meningkatkan risiko serangan jantung lima kali lipat dan stroke hingga tiga kali lipat. Masalah pada jantung juga bisa menyebabkan kematian mendadak setelah berolahraga. Seseorang yang rutin berolahraga seperti atlet biasanya mengalami pembesaran otot jantung.

Pembesaran otot ini berisiko mengganggu listrik jantung. Adapun listrik jantung yang bermasalah membuat gangguan irama jantung. Jantung bisa berdenyut sangat cepat dari biasanya. Faktor terlalu lelah seusai berolahraga dapat memicu gangguan irama jantung.

Saat olahraga, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen agar tetap bisa memompa darah dengan baik. Olahraga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, olahraga sebaiknya dilakukan sesuai kemampuan masing-masing. Untuk menjaga kesehatan jantung, jalani pula pola makan yang baik dan tinggalkanlah kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Kemarahan kerap mendahului serangan jantung dan bisa menjadi pemicu.

Beberapa Penyebab Meninggal Mendadak Setelah Olahraga

Orang yang berisiko tinggi tersebut berada dalam periode berbahaya sekitar dua jam setelah meluapkan kemarahan. Orang yang marah satu kali dalam satu bulan memiliki risiko serangan jantung rendah. Temperamen tinggi berdampak terhadap kesehatan seseorang secara kumulatif. Semakin sering seseorang tersebut marah maka risiko mengalami serangan jantung dan stroke semakin tinggi. Salah satu penyebab kematian mendadak pada atlet adalah berhentinya kerja jantung secara tiba-tiba. Kejadian tersebut dipicu oleh olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu lama. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kematian jantung mendadak atau sudden cardiac death (SCD). Kelainan jantung kongenital merupakan kondisi cacat pada jantung atau dikenal juga dengan kelainan bawaan. Kondisi ini bisa berupa hipertropi (pembesaran) otot jantung yang berakibat dari gagalnya jantung untuk berfungsi secara normal. Aritmia dikenal juga sebagai gangguan irama jantung. Kondisi ini disebabkan oleh permasalahan kelistrikan jantung.

Beberapa Penyebab Meninggal Mendadak Setelah Olahraga

Saat terjadinya aritmia, detak jantung bisa terjadi sangat lambat bahkan berhenti. Inilah yang menyebabkan kematian. Abnormalitas arteri juga bisa berarti kelainan pada letak maupun cabang dari arteri. Virus atau bakteri bisa menginfeksi organ-organ dalam tubuh manusia, termasuk jantung. Infeksi menyebabkan inflamasi atau peradangan di jantung yang memicunya tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Terbaik Mencegah Kanker Serviks

Serangan jantung kebanyakan disebabkan oleh penyakit jantung yang berlangsung kronik dalam waktu lama. Misalnya, penumpukan plak di pembuluh darah yang mempersempit pembuluh darah bisa menyebabkan serangan jantung jika sudah tersumbat.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply