Beberapa Penyebab Sakit Telinga Dan Cara Penyembuhannya

0
B MauTips.com, Jakarta. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam dapat terjadi gangguan keseimbangan. Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga. Namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman. Infeksi telinga biasanya terjadi pada telinga tengah.

Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen. Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri. Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi. Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda.

Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut. Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh. Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Penyakit Meniere, kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Diburu Banyak Penikmat Perjalanan

Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo. Suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply