Bekam, Mengenal Manfaat dan Efek Samping

0
B MauTips.com, Jakarta. Bekam adalah suatu metode pengobatan yang dilakukan dengan cara menyedot keluar darah kotor. Istilah bekam berasal dari bahasa Melayu. Dalam bahasa Indonesia, istilah bekam dikenal dengan sebutan kop atau cantuk.

Bekam juga dikenal dengan istilah Hijamah di dalam bahasa Arab yang artinya adalah pelepasan darah kotor. Di Cina pun, istilah bekam juga sudah terkenal yakni dengan istilah Gua-sha. Semakin hari, terapi bekam semakin digandrungi oleh banyak orang karena manfaat bekam yang cukup banyak. Terapi bekam ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang Indonesia saja. Di Cina, terapi bekam bahkan sudah resmi dilakukan di rumah sakit sejak beberapa puluh tahun silam. Beberapa artis Hollywood ternama pun juga melakukan terapi bekam ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bekam yang menakjubkan:

Membuang racun, angin, dan kolesterol
Racun, angin dan kolesterol berkumpul bersama darah di lapisan kulit. Manfaat bekam bisa untuk membuang hal-hal tersebut yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol yang terkumpul pada permukaan kulit bisa ditarik ke luar dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah pun menjadi bersih.

Melancarkan peredaran darah
Manfaat bekam bisa untuk melancarkan peredaran darah. Terapi bekam terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peredaran darah. Penyedotan darah kotor memiliki dampak pada peningkatan aliran darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat. Darah yang tersumbat pun menjadi lacar.

Mengatasi kelelahan
Kelelahan biasa dialami oleh hampir semua orang. Tahukah Anda bila kelelahan bisa diatasi dengan terapi bekam? Selain dengan istirahat, menjaga pola diet, dan terapi pijatan, kelelahan bisa diatasi dengan melakukan terapi bekam. Kelelahan yang diakibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan diredakan dengan terapi bekam.

Meredakan nyeri dan keluhan
Manfaat bekam bisa untuk meredakan berbagai jenis nyeri dan keluhan. Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam.

Menyembuhkan banyak penyakit
Apakah bekam bisa juga untuk mengobati penyakit yang terbilang berat? Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bila beberapa penyakit serius bisa disembuhkan. Manfaat bekam bisa untuk menyembuhkan penyakit serius seperti penyakit ginjal, hati, paru-paru, dan diabetes.

Baca Juga: Tips Atasi Si Kecil Yang Susah Makan

Gangguan pada zakar, mata, sendi, dan otot juga bisa disembukan dengan melakukan terapi bekam. Selain itu terapi bekam bermanfaat untuk menyembuhkan wasir, alergi, asma, rematik, dan juga depresi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply