Cara Cepat Kenali Serangan Stroke

0
C MauTips.com, Jakarta. Serangan stroke dapat terjadi tiba-tiba, namun tanda-tandanya sebenarnya dapat dideteksi. Para ahli mengatakan, semakin dini stroke dikenali dan diobati, maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh dan terhindar dari risiko kelumpuhan.

Mati rasa pada wajah, lengan, kaki di satu sisi tubuh, disertai kebingungan dan masalah berbicara merupakan tanda-tanda seseorang mengalami stroke. Selain itu, ada pula tanda-tanda seperti pusing dan sakit kepala parah, mengalami masalah berjalan, hilang penglihatan di satu atau kedua mata. Serangan stroke dapat menjadi sebab meninggalnya seseorang apabila terlambat dalam penanganannya.

Karena itu, mengenali tanda sebelum munculnya serangan stroke penting untuk diketahui, agar tindakan pencegahan dapat Anda lakukan.

Apa itu Stroke
Serangan stroke terjadi apabila pembuluh darah di otak mengalami masalah, bisa berupa penyumbatan atau bahkan pecah. Jika pembuluh darah otak mengalami masalah, maka pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa lewat darah akan terhambat.

Akibatnya, sel otak akan rusak karena tidak adanya dua sumber kehidupan tersebut. Sel-sel otak dan jaringan akan rusak dan mati tanpa oksigen hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Gejala atau Tanda Stroke
Sebelum muncul serangan stroke, biasanya organ tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak yang rusak itu akan memperlihatkan gejala tidak biasa. Berikut adalah gejala sebelum stroke; kelumpuhan, sulit berbicara atau memahami pembicaraan, sulit berjalan, serta sakit kepala parah. Gejala tersebut umumnya terjadi pada satu sisi tubuh saja.

Jenis Stroke
Ada tiga jenis stroke yang diketahui saat ini yakni stroke serangan iskemik transien (TIA), stroke iskemik, dan stroke hemoragik.

Stroke serangan iskemik transien
Jenis ini dipicu oleh penyumbatan sementara di pembuluh arteri, umumnya berupa gumpalan darah. Lama terjadinya bisa beberapa menit, sampai beberapa jam. Sumbatan itu bisa menghilang lagi seiring lancarnya lagi aliran darah.

Stroke iskemik
Itu adalah penyumbatan pada arteri yang mengarah ke otak. Bentuknya dapat berupa pembekuan darah, atau aterosklerosis. Pemicunya plak (lemak) yang menempel di dinding arteri.

Baca Juga: Penderita Diabetes Akan Mengalami 6 Perubahan Fisik Ini

Stroke hemoragik
Ini penyebabnya adalah bocornya pembuluh darah sehingga darah merembes ke dalam jaringan otak. Pemicunya adalah hipertensi atau kondisi malformasi arteriovenosa.

Gejala tersebut sebaiknya segera disikapi dengan mengunjungi pihak medis untuk mendapat pertolongan segera. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply