Cara Melepaskan Stres Agar Bisa Cepat Tidur Nyenyak

0
C MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini, karena aktivitas padat sehari-hari ada kalanya akan mengalami stres berat hingga tak bisa tidur. Pada akhirnya mengalami insomnia, menghabiskan waktu berusaha tidur hingga pagi hari. Bukannya tubuh segar yang didapat setelah bangun, namun kelelahan yang justru bikin mood buruk.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres sebelum tidur di malam hari.

Mandi
Mandilah air hangat sepulang kerja, berendam dengan air hangat akan sangat membantu mengurangi stres dan memberikan efek relaksasi yang memicu pelepasan hormon oksitosin sehingga stres berkurang dan kamu mudah tidur malam hari.

Mendengarkan lagu
Putar musik yang mengalun pelan atau melow sehingga bisa membantumu mengantuk. Lagu-lagu pengantar tidur akan merangsang keinginan untuk tidur, membantu menurunkan detak jantung sehingga ritmenya disesuaikan untuk segera tidur.

Minum teh
Beberapa orang menghindari minum teh karena memiliki kafein, yang justru mencegahmu mengantuk. Jika seperti ini, pilih minuman hangat lain seperti susu atau cokelat hangat. Pastikan kamu minum minuman hangat di malam hari, karena ini sangat baik membantu membuatmu rileks. Hirup aroma wangi teh yang mampu memberi efek relaksasi.

Yoga
Ada banyak gerakan yoga yang bisa mengurangi insomnia dan membuatmu cepat mengantuk. Yoga juga meliputi latihan pernapasan sehingga sangat baik dalam hal melepaskan stres, memberi asupan oksigen optimal ke otak sehingga respon mengantuk lebih cepat didapat di malam hari.

Menulis
Tuliskan keseharianmu di dalam buku harian. Terdengar jadul sekali kan? Tapi jangan abaikan hobi menulis diary, karena hal ini justru bisa jadi cara melepaskan stres, mengungkapkan perasaan, curahan hati dan mengurangi beban pikiran. Jadi jika kamu hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menulis diary.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Dengan Melakukan 4 Peregangan Ini di Meja Kerja

Insomnia memang tidak enak, tapi bukan berarti tak bisa dihilangkan dan diatasi. Coba dulu cara-cara di atas, siapa tahu lebih baik dibanding minum obat tidur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply