Cara Mencegah & Menghindari Serangan Nyamuk Virus Zika

0
C Mautips.com, Jakarta. Dampak dari virus zika memang buruk, terutama bagi wanita hamil. Sehingga membuat orang menjadi takut tertular. Penyebaran virus zika sudah mulai membuat banyak orang cemas. Bahkan, di SIngapura virus ini disebutkan sudah menjadi wabah yang menyebabkan beberapa negara mengeluarkan travel warning untuk warganya pergi ke Singapura.

Namun penyebaran virus zika dapat dicegah dengan mengendalikan vektor utamanya yakni nyamuk aedes aegypti. Caranya cukup dengan jaga kebersihan lingkungan. Pengendalian aedes aegyti dengan 3M plus yakni mengubur, menguras dan menghilangkan wadah yang mengandung air. Pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih.

Bersihkan tempat penampungan air minimal seminggu sekali dan gosok hingga bersih karena telur aedes aegyti menempel di dinding wadah. Telur aedes aegypti memiliki keistimewaan dapat bertahan hidup walau tidak ada air. Hasil penelitian menunjukkan aedes aegypti adalah nyamuk yang tangguh, tidak hanya mampu bertelur di tempat yang jernih, tapi juga bisa bertelur di air yang berpolusi. Nyamuk ini mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Baca Juga: Cara Mengobati & Menyembuhkan Sakit Virus Zika Dengan Bahan Alami

Perilaku nyamuk aedes aegypti yang dianggap nyamuk siang hari ternyata hasil riset menemukan nyamuk ini ditemukan pada malam hari. Ini adalah perubahan perilaku adaptif dari aedes aegypti. Penyebaran virus zika sudah diketahui sejak tahun 1974 dan pertama ditemukan pada monyet di Afrika. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply