Cara Mengobati Mata Merah Bengkak Dengan Cara Alami

1
Bengkak di bawah mata yang biasa disebut pula sebagai kantong mata terjadi akibat pembengkakan jaringan di sekitar mata. Kulit di sekitar mata sangat sensitif dan tipis. Oleh karena itu setiap pembengkakan kecil pasti akan terlihat. Dalam banyak kasus, bengkak akan hilang dengan sendirinya dengan pengobatan tertentu atau hanya dengan cukup istirahat.

Namun jika bengkak disertai dengan iritasi, gatal, nyeri, demam, atau gangguan penglihatan hal tersebut bisa menjadi tanda terjadinya masalah lain pada mata. Beberapa penyebab mata bengkak adalah reaksi alergi terhadap obat, polusi lingkungan, atau akibat gigitan serangga bisa memicu kebocoran di subkutan kapiler yang menyebabkan pembengkakan di bawah kelopak mata serta di bawah mata.

Perubahan hormon dalam tubuh selama menstruasi, kehamilan, atau menopause menyebabkan retensi cairan di jaringan subkutan di bawah mata sehingga memicu pembengkakan. Bengkak wajah dan bengkak di bawah mata adalah gejala dari hipotiroidisme, yaitu suatu kondisi yang ditandai oleh produksi hormon tiroid yang tidak mencukupi.

Tidur terlalu banyak, terlalu sedikit, atau tidur yang terganggu merupakan salah satu pemicu mata bengkak. Kelebihan konsumsi alkohol, narkoba, merokok membuat mata berwarna merah serta memicu bengkak di bawah mata. Cedera dekat dengan mata atau sekitar kelopak mata bisa menyebabkan mata membengkak.

Cara Mengobati Mata Merah Bengkak Dengan Cara Alami

Diet makanan tinggi garam mendorong retensi cairan di sekitar mata sehingga menyebabkan pembengkakan. Sedangkan cara mengobati mata merah bengkak dengan cara alami dapat dilakukan dengan banyak minum air putih Dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari, menjaga agar tubuh tidak dehidrasi.

Cara Mengobati Mata Merah Bengkak Dengan Cara Alami

Semakin banyak minum air juga harus diimbangi dengan mengurangi kadar garam dalam makanan, dan usahakan untuk mengurangi minuman bersoda karena gula di dalamnya justru akan menyebabkan dehidrasi. Ketimun dingin Berbagai enzim di dalam mentimun mampu mengurangi bengkak. Potong satu ketimun menjadi beberapa potongan tebal. Dinginkan di dalam lemari es selama 10 menit lalu letakkan di mata hingga suhunya sama seperti suhu kamar.

Putih telur tidak hanya bisa mengurangi bengkak, tapi juga mampu mengurangi kerutan dan garis halus. Pisahkan dua butir telur dari kuningnya, lalu kocok hingga sedikit kaku, tambahkan witch hazel. Usapkan ke bawah mata dengan kuas. Tunggu hingga mengering. Gunakan secara teratur, sembab akan berkurang dan kulit akan terasa lebih kencang.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

1 Comment

Leave A Reply