Cara Mudah dan Efektif Usir Lalat Dengan Memakai Air Dalam Plastik

0
C MauTips.com, Jakarta. Serangga yang satu ini, lalat memang sudah terlanjur dicap sebagai serangga pembawa bakteri alias penyakit. Walau perannya sebagai dekomposer/pengurai sampah /kotoran tertutupi dengan perannya sebagai musuh bagi manusia. Seperti juga pada nyamuk, yang perlu kita lakukan adalah memutus siklus kehidupan lalat itu sendiri. Jadi coba dicari sumber datangnya lalat, apakah ada tumpukan sampah kotor, atau bangkai yang tidak ketahuan.

Bila ada, segera lakukan pembersihan total, dan mulai manajemen sampah dan kebersihan lain. Mengusir lalat, bukan pekerjaan yang gampang atau susah, kini berbagai semprotan anti serangga berbahan kimia, seringkali dipilih sebagai cara mudah dan cepat mengusir serangga. Namun, cara jitu ini juga meninggalkan racun buat tubuh manusia. Jika salah dalam penggunaan, kita bisa keracunan. Ada cara yang lebih alami dan aman, yang bisa membuat binatang menjijikkan itu ogah datang lagi ke dalam rumah.

Cara ini sebenarnya terbilang sederhana namun efektif dan banyak diterapkan di warung-warung makan. Cukup siapkan saja satu plastik bening serta air dan karet pengikat. Masukkan air bersih tersebut dalam plastik bening hingga setengahnya, sekira ¼ liter, lalu ikat erat agar tidak tumpah. Setelah itu letakkan di dekat meja makan atau gantungkan di atasnya. Walau tampak tak berhubungan dengan lalat yang beterbangan, namun ini cukup efektif mencegah lalat makin banyak merubung makanan.

Lalat memiliki organ penglihatan yang berbeda dengan manusia atau hewan besar lainnya. Sebagai serangga, ia punya sekitar 3000-6000 lensa pada setiap bulatan mata. Akibatnya saat serangga itu memandang sebuah objek, lalat tidak akan mendapatkan pandangan yang fokus satu objek itu saja. Sudut pandangnya banyak sekali sebab 1 lensa bisa memberi gambar yang akan ia lihat.

Baca Juga: Cara Memasak Ikan Kutuk atau Ikan Gabus Sebagai Obat Penyembuh Setelah Operasi

Dengan meletakkan sekantung air di dekat makanan atau digantung di dapur dekat lampu maka lalat akan melihat pembiasan cahaya di kantung air tersebut. Hal tersebut akan mengganggu penglihatannya dan membuat ia tidak bisa mencari makanan. Alhasil, ia akan pergi meninggalkan tempat tersebut dan mencari tempat lain yang lebih gelap. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply