Cara Mudah dan Sederhana untuk Menghitung Panjang Usia

0
Usia harapan hidup orang di banyak negara terus meningkat. Peningkatan ini terutama karena upaya melawan berbagai penyakit dan kecelakaan semakin baik. Nasehat standar untuk mendapatkan hidup sehat dan panjang usia biasanya berkisar pada gaya hidup sehat yang bisa menjadi sulit untuk mereka yang punya kebiasaan kurang sehat seperti merokok dan malas olah raga.

Bergeraklah, untuk mereka yang karena pekerjaannya harus duduk dalam jangka waktu lama, mengubah kebiasaan itu akan berdampak besar. Minum kopi, kandungan kafein dalam kopi memang menyebabkan efek negatif pada sebagian orang.

Tetapi beberapa riset terbaru mengungkapkan bahwa secara umum kopi tidak berbahaya. Salah satu penelitian menyebutkan para peminum kopi beresiko lebih rendah menderita penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Batasi lemak, lemak di sini adalah lemak jahat. Bagaimana pun tubuh memerlukan lemak untuk menjalankan fungsinya. Rajin jalan kaki, Penelitian menunjukkan orang yang sering berjalan kaki hidup enam tahun lebih lama dibanding mereka yang banyak duduk. Penelitian lain menunjukkan orang yang berjalannya cepat pada umumnya lebih sehat.

Cara Mudah dan Sederhana untuk Menghitung Panjang Usia

Seorang dokter di Brasil menemukan tes sederhana untuk memprediksi berapa lama usia seseorang. Tes yang dinamakan Sitting Rising Test(SRT), alias tes duduk berdiri ini telah terbukti bisa memperkirakan risiko kematian seseorang dalam lima tahun ke depan. Cara melakukan tes SRT ini sederhana. Cukup sediakan alas duduk di lantai sekaligus pengaman apabila kita terjatuh saat akan berdiri. Caranya dimulai dengan duduk bersila di atas matras. Lalu, kita harus berdiri tanpa memikirkan seberapa cepat hal itu bisa dilakukan. Yang diamati cuma seberapa banyak bantuan yang diperlukan untuk bisa berdiri.

Cara Mudah dan Sederhana untuk Menghitung Panjang Usia

Jika kita bisa mengubah posisi dari posisi bersila ke posisi berdiri tanpa bantuan, maka poinnya adalah 5. Kembali lagi ke posisi awal poinnya 5. Tetapi jika kita menggunakan bantuan, baik itu tangan, jari, atau lutut, untuk menopang saat kita duduk atau berdiri, maka setiap jenis bantuan itu akan mengurangi masing-masing 5 poin. Mendorong badan saat berdiri juga mengurangi poin.

Baca Juga: Kebiasaan Yang Menumbuhkan Kemauan yang Luar Biasa

Untuk setiap poin yang didapatkan, maka kemungkinan penurunan risiko kematian sebesar 21 persen. Skor 3 atau kurang maka risiko kematiannya akan lebih besar. Partisipan yang butuh banyak bantuan untuk berdiri memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang bisa melakukannya tanpa bantuan.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply