Cara Mudah Mengatasi Kembung Jelang Menstruasi

0
C MauTips.com, Jakarta. Kembung jadi efek dari fluktuasi hormon estrogen dan kadar hormon progesteron yang drop. Saat kadar estrogen lebih tinggi, tubuh cenderung menahan air. Menstruasi alias haid tak jarang membuat hari-hari ‘berwarna’, boleh jadi mood yang naik-turun atau respons tubuh yang tak seperti biasanya. Bahkan jelang haid, perempuan kadang dibuat tidak nyaman karena kembung. Rasa tidak nyaman pada hari-hari sebelum haid tiba selalu dihubungkan dengan gejolak hormon. Anggapan ini tidak keliru. Perempuan biasanya mengalami kembung selama dua hari jelang haid. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Asupan makanan kaya potasium
Perhatikan konsumsi makanan Anda. Isi piring dengan makanan dengan kandungan potasium atau kalium. Isabel Smith, ahli diet dan fitness di New York City menyarankan makanan tinggi potasium seperti pisang, tomat, blewah dan asparagus untuk membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

2. Hindari makanan pemicu gas
Kembung bisa bertahan lebih lama akibat konsumsi makanan yang memicu gas. Barangkali jenis makanan seperti brokoli dan brussels sprout menginspirasi Anda untuk konsumsi makanan sehat, tetapi tidak untuk saat ini.
3. Kurangi kafein dan alkohol
Jelang waktu haid sebaiknya Anda menghindari konsumsi alkohol ataupun kafein yang bisa memicu rasa tidak nyaman seperti kembung.

4. Jauhi soda
Ada sebagian yang meyakini konsumsi minuman bersoda bisa meredakan rasa tidak nyaman jelang haid. Namun Smith mengungkapkan, hal tersebut justru bisa membuat kembung semakin parah. Daripada minum minuman berpemanis atau bersoda, lebih baik minum air putih atau campur dengan peppermint untuk meredakan kembung.

Baca Juga: Kenali dan Perhatikan, Ini Penyebab Siklus Haid Kacau

5. Tak perlu konsumsi buah secara masif
Saat perut kembung dan tidak nyaman, kadang terlintas untuk menambah konsumsi buah-buahan dan sayuran. Sebenarnya sah-sah saja dan bagus untuk kesehatan. Tetapi menambah porsi buah dan sayur selama masa haid malah membuat perut kembung. Kembung terjadi akibat tubuh tidak terbiasa dengan asupan serat yang banyak dan dalam waktu singkat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply