Cara Mudah Mengenal Gejala Awal COVID-19 yang Wajib Diantisipasi

0
C MauTips.com, Jakarta. Tidak semua ciri-ciri orang terkena virus corona itu bisa disadari secara langsung. Banyak dari mereka yang sudah mengalami gejala atau ciri-ciri awal dan tidak menyadarinya. Ciri-ciri orang terkena virus corona saat ini semakin beragam.

Mulai dari demam, batuk berulang-ulang hingga mengalami gangguan pada indra penciuman dan perasaanya. Cukup sulit untuk memastikannya jika tidak menjalani tes Corona. Tetapi, untuk tetap waspada berikut Kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat tajam. Penularan COVID-19 yang sangat cepat membuat virus ini sulit dikendalikan. Agar tak kecolongan, ada baiknya mengetahui apa saja gejala awal COVID-19. Setelah tertular COVID-19, gejala awal akan muncul setelah 2 sampai 14 hari. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala awal COVID-19 biasanya merupakan gejala ringan yang mirip dengan gejala flu biasa dan muncul secara bertahap. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa seseorang dengan COVID-19 dapat mengalami berbagai gejala. Namun, gejala paling umum adalah batuk kering dan sesak napas. Berikut selain batuk kering dan sesak napas, gejala awal COVID-19 yang sering muncul.

Demam
Panas dingin
Gemetar
Kedinginan
Nyeri otot
Sakit kepala
Sakit tenggorokan
Kehilangan indera perasa dan penciuman.

Pada beberapa kasus, gejala awal COVID-19 juga bisa disertai mual, muntah, diare, dan ruam kulit.
Apabila kamu merasa tidak sehat atau merasakan gejala awal covid seperti di atas, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

Mengisolasi diri di rumah
Banyak beristirahat
Tetap terhidrasi
Pantau gejala secara berkala
Selalu pakai masker jika bertemu orang lain
Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer
Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor

Baca Juga: Tampilan Baru Motor Sport Murah Honda CB150 Verza

Jika gejala awal COVID-19 ini terus memburuk disertai kesulitan bernapas, rasa sakit atau tekanan terus menerus di dada,bibir atau wajah memucat dan kebiruan, serta merasa kebingungan tiba-tiba, segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply