Cara Mudah Menghilangkan Nyeri pada Leher Kaku dan Sakit

1
Nyeri pada leher biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Nyeri pada leher atau kaku leher merupakan suatu keluhan yang cukup sering muncul. Pada sebagian kasus memang nyeri pada leher merupakan suatu kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan.

Namun pada beberapa individu nyeri pada leher menjadi suatu keadaan yang sangat menggangu. Cara mengatasi nyeri pada leher adalah bila sangat nyeri dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti nyeri yang dapat dioles.

Cobalah untuk mengompres leher dengan kompres panas dan dingin dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot. Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja.

Hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku leher. Periksa postur tubuh saat duduk, cobalah untuk selalu bersandar dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku. Hindari menyetir mobil selama leher kaku dan nyeri. Bila leher nyeri disebabkan oleh otot yang terkilir coba untuk lakukan olahraga leher seperti gerakkan kepala ke atas dan ke bawah.

Cara Mudah Menghilangkan Nyeri pada Leher Kaku dan Sakit

Serta gerakkan kepala ke samping kiri dan kanan. Bila sudah lama bekerja depan komputer, coba istirahat sejenak untuk melemaskan otot-otot pada leher. Koreksi posisi duduk jika beraktivitas di depan komputer dalam waktu lama. Pastikan posisi duduk baik dan benar. Selalu ingat untuk konsultasi dengan dokter bila nyeri leher semakin berat sebab nyeri leher dalam waktu yang lama dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti kelainan pada tulang, trauma, penyakit degenerative atau tumor.

Cara Mudah Menghilangkan Nyeri pada Leher Kaku dan Sakit

Melakukan peregangan secara rutin, dapat membuat otot di leher lebih nyaman dan luwes. Untuk itu lakukan peregangan setiap hari agar kaku di leher bisa berkurang. Menunduk dalam-dalam, tahan hingga beberapa detik. Lalu mendongak semaksimal mungkin, dan tahan beberapa detik. Menggeleng, arahkan kepala seperti pada gerakan menggeleng ke kanan hingga maksimal dan sejajar bahu.

Baca Juga: Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang dengan Pola Hidup Paling Sehat

Tahan beberapa saat. Berdiri, posisi berdiri dan kaki sedikit membuka sejajar bahu, kedua tangan memegang belakang kepala. Selanjutnya berusahalah miringkan leher ke kiri, hingga siku naik ke arah kepala. Pinggang menahan beban, jangan ikut miring.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

1 Comment

  1. obat sakit gigi on

    Memang leher suka nyeri apalagi kalo tdrnya asal2an . tapi sete;ah baca artikel ini jadi punya pegangan saat nyeri leher

Leave A Reply