Cara Paling Efektif Mencegah Terjadinya Microsleep Saat Mudik

0
C MauTips.com, Jakarta. Microsleep tidak seperti tidur biasa, karena microsleep adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Kejadian microsleep pada umumnya hanya berlangsung sekitar satu detik hingga dua menit, namun durasi tersebut dapat bertambah lama jika seseorang benar-benar memasuki kondisi tidur.

Microsleep sering terjadi saat seseorang melakukan pekerjaan yang monoton seperti berkendara atau menatap layar dalam waktu yang lama. Berkendara jauh terutama saat momen Lebaran membutuhkan konsentrasi tinggi pengemudi. Tidak jarang akibat kelelahan yang dihiraukan, pengemudi dapat terkena gejala microsleep. Microsleep adalah kondisi tubuh tidur sekejap, sekitar 2 sampai 30 detik yang kerap terjadi saat otak tidak terstimulasi atau mengalami kebosanan dikala mengemudi. Ada peran penting yang bisa dilakukan penumpang di dalam kendaraan untuk membantu pengemudi tidak mengalami microsleep.

Penumpang aktif mengawasi kondisi pengemudi. Tegur bila terlihat lelah atau mengantuk. Aktif memberitahu bila dirasa perjalanan sudah terlalu lama, harus istirahat. Saat Mudik peran penumpang bisa menjadi navigator diperjalanan. Ini membuat pengemudi aktif namun tidak melupakan pekerjaan utamanya dalam menyetir kendaraan.

Penumpang sebenarnya dilarang mengajak pengemudi berbicara terlalu lama karena dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Hindari juga memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terlalu berat hingga membuat pengemudi kehilangan konsentrasi di perjalanan. Jangan juga seluruh penumpang ajak pengemudi berbicara, bisa hilang konsentrasinya.

Baca Juga: Waspada Microsleep, Ketiduran Singkat Beberapa Detik Saat Mudik

Sesekali saja ajak bicara untuk menghilangkan kejenuhan. Selain itu, peran penumpang juga dapat menjadi pengawas kondisi kendaraan. Jika ada lampu peringatan menyala, atau tanda bahan bakar menipis, beritahukan pengemudi untuk segera menghentikan kendaraan di tempat terdekat dan memeriksanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply