Cara Paling Tepat Obati Asam Urat

0
C MauTips.com, Jakarta. Salah satu gejala asam urat yang mudah terasa adalah nyeri sendi mendadak dalam waktu singkat. Gejala ini akan terasa parah di dua hari pertama. Nyeri akan terasa makin hebat saat malam hari. Beberapa penderita asam urat akut juga kerap mengalami demam.

Selain kolesterol, asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal sebenarnya, kolesterol tinggi dan asam urat bisa mengancam siapa saja, dari yang muda sampai tua. Asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Saat purin dicerna, tubuh akan menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Lalu bagaimana cara untuk mengobati dan mencegah asam urat kambuh kembali? Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk mengatasi asam urat muncul kembali.

Olahraga teratur
Berolahraga dengan teratur akan membantu untuk mencegah sekaligus mengobati asam urat. Olahraga setidaknya 30 menit akan membantu melemaskan sendi dan otot tubuh yang kerap terjadi saat asam urat menyerang.

Pilih makanan yang tepat
Bagi penderita asam urat ada baiknya untuk mengendalikan nafsu makan Anda. Hindarilah makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Purin sendiri ditemukan dalam sejumlah makanan, seperti jenis daging tertentu, ikan sarden, bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol. Kadar purin tertinggi terkandung dalam jeroan, seperti hati, ginjal, otak.

Minum air putih
Jangan pernah bosan minum air putih. Minum air putih minimal delapan gelas per hari akan membantu membuang zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh.

Kurangi atau hentikan kebiasaan minum alkohol
Minum minuman beralkohol tidak disarankan untuk mereka yang menderita asam urat. Pasalnya minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi. Kandungan purin tinggi akan membuat asam urat kambuh lagi.

Cuka apel
Cuka apel diklaim bisa membantu menurunkan asam urat yang tinggi. Cuka apel sendiri memang diketahui bisa mengurangi peradangan dan bisa mencegah penumpukan asam urat pada sendi.

Jahe
Konsumsi jahe juga diklaim bisa membantu menurunkan asam urat. Sama seperti cuka apel, jahe juga memiliki khasiat untuk zat antiperadangan yang mencegah pembentukan zat pencetus asam urat.

Baca Juga: Daftar Makanan Yang Ampuh Hilangkan Nikotin Dari Tubuh Perokok

Lemon
Minum lemon tak cuma bisa membantu menurunkan berat badan. Namun minum lemon juga akan membantu mengobati asam urat dengan kandungan vitamin C dan kaliumnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply