Ciri-Ciri Tanda Gejala Terkena Serangan Virus Zika Pada Anak dan Dewasa

0
C Mautips.com, Jakarta. Virus Zika merupakan sebuah virus baru yang menghebohkan dunia. Banyak janin yang mengalami keguguran dan meninggal selama kelahiran atau segera setelah kelahirannya. Mereka yang bertahan hidup cenderung menderita masalah perkembangan dan kesehatan. Virus ini telah menyebabkan cacat lahir yang serius pada ribuan bayi di Brasil. Serangan virus Zika ditandai dengan adanya gejala seperti ruam, demam, rasa sakit pada sendi, dan mata merah.

Selain itu, juga nyeri otot dan sakit kepala. Pasalnya, serangan virus Zika hampir mirip dengan serangan virus Dengue dan Chikungunya. Parahnya lagi, sekitar satu dari empat orang yang terinfeksi virus ini bisa jadi tak menyadarinya. Virus Zika merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Virus ini pertama kali diisolasi tahun 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda.

Virus Zika sendiri rasanya memang seperti nama hutan tempat dimana virus ini berhasil diisolasi. Selanjutnya beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara, Mikronesia, Amerika Latin, Karibia melaporkan penemuan virus Zika ini. Virus Zika tengah menjadi epidemi di daerah sekitar Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Baca Juga: Apa Itu Virus Zika Adalah Penyakit Karena Gigitan Nyamuk

Baru-baru ini juga ditemukan banyak penduduk asal Inggris dan Denmark yang terinfeksi oleh virus ini. Virus Zika menjadi permasalahan serius. Tidak hanya di Brasil tetapi juga di belahan dunia lainnya. Penyebaran Zika bersamaan dengan peningkatan tajam jumlah bayi yang menderita microcephaly. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply